Sosialisasi Pelayanan Publik dan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik oleh Kementerian PANRB

demakBagian Organisasi Setda Kabupaten Demak, Selasa 22/9/2015, menyelenggarakan Sosialisasi Pelayanan Publik dan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik kepada unit pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak. Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah, dr. Singgih Setyono, M.Kes., dan selaku narasumber adalah R. Dwiyoga Prabowo Soediarto. S.E., Asisten Deputi Koordinasi Kebijakan, Penyusunan dan Evaluasi Program Pelayanan Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah mengatakan bahwa inovasi pelayanan publik tidak selalu berhubungan dengan teknologi, inovasi dapat dilakukan dari hal-hal yang sederhana yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan agar lebih cepat, lebih murah dan lebih baik.

Sementara itu dalam paparannya, Dwiyoga menyatakan bahwa ukuran yang paling mudah untuk melihat meningkatnya reformasi birokrasi adalah dari peningkatan kualitas pelayanan publik dan berkurangnya KKN. Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dibutuhkan inovasi. Untuk itu Kementerian PANRB telah meluncurkan program one agency one inovation, yang ditindak lanjuti dengan kompetisi Inovasi Pelayanan Publik.

Kompetisi ini dimaksudkan untuk mendorong K/L dan pemerintah daerah melakukan inovasi-inovasi dalam bidang pelayanan publik, ujarnya. Program kompetisi ini dapat diakses di situs web http://sinovik.menpan.go.id.

Dwiyoga menambahkan bahwa reformasi birokrasi yang kini tengah berlangsung, diarahkan untuk memindahkan birokrasi ke knowledge base bureaucracy (birokrasi berbasis pengetahuan), yaitu birokrasi yang kebijakan-kebijakannya itu didukung penelitian dan data-data yang akurat, pengetahuan yang valid dan kerangka berfikir teoritik yang lebih baik lagi.

Comments are closed.