Paguyuban Sekdes se-Klaten Studi Banding Ke Demak

 

SekdesDEMAK – Paguyuban Sekretaris Desa se-Kabupaten Klaten, Kamis (12/2) mengadakan kunjungan ke Kabupaten Demak dalam rangka studi banding tentang Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur tentang Sekretaris Desa. Kunjungan diterima oleh Sekda Demak, Dr. Singgih Setyono, MMR, di pendopo kabupaten.

Sekda menjelaskan bahwa sekretaris desa di Kabupaten Demak, baik itu PNS ataupun non PNS memiliki bidang tugas sama, yang membedakan hanya dalam hal penggajian. Sekdes Non PNS menerima gaji berupa bengkok desa, sedangkan Sekdes PNS menerima gaji dari dana APBD. Bila menilik besaran jumlahnya, memang gaji Sekdes PNS nominalnya lebih sedikit bila dibandingkan dengan Sekdes Non PNS. Namun, di sisi lain, Sekdes PNS justru mendapat peluang lebih besar untuk meniti karier pada jenjang yang lebih tinggi.

Dalam kegiatan kunjungan kerja itu juga dipaparkan tentang Perda No.4 Tahun 2015 tentang Badan Permusyawaratan Desa, Perda No.5 Tahun 2015 tentang Kepala Desa, Perda No.6 Tahun 2015 tentang Perangkat Desa, Perda No.7 Tahun 2015 tentang Kedudukan Keuangan Kepala Desa dan Perangkat Desa, Perda No.8 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyusunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa, dan Perda No.9 Tahun 2015 tentang Sumber Pendapatan Desa.

Setelah acara kunjungan kerja di Pendopo, Paguyuban Sekdes se-Kabupaten Klaten melanjutkan kunjungan ke beberapa objek wisata religi di Kabupaten Demak yaitu, Masjid Agung dan Makam Sunan Kalijaga Kadilangu. (Media Center)

 

Comments are closed.