Apel Gelar Pasukan Kesiapan Penanggulangan Bencana

siaga bencanaDEMAK – Jumat (12/2) sejumlah personil gabungan yang terdiri dari personil TNI, Polri, Dishubkominfo, BPBD, PMI, Satpol PP dan Linmas apel gelar kekuatan tanggap bencana di Polres Demak. Apel siaga ini untuk mengecek kesiapan armada serta fisik para personil untuk menghadapi bencana.

Kepala Kepolisian Resor Demak, AKBP Heru Sutopo, SIK memimpin apel gelar kekuatan tanggap bencana di halaman apel Polres Demak dan hadir di antaranya Bupati Demak yang diwakili Sekda Demak dr. Singgih Setyono, Dandim 0716 Demak Letkol Inf Nanang TT Wibisono S.A.P, dan Kepala BPBD Demak Anjar Gunadi.

Kapolres Demak dalam amanahnya mengatakan, memasuki musim penghujan ini, wilayah Kota Wali diindikasikan rawan terjadi bencana khususnya banjir dan tanah longsor.

Daerah-daerah rawan bencana sebagian besar merupakan daerah yang teraliri sungai-sungai besar sehingga jika curah hujan tinggi serta kiriman dari daerah tetangga seperti Grobogan dan Kabupaten Semarang menjadikan sungai-sungai yang berada di wilayah tersebut airnya meluap dan mebanjiri sawah serta pemukiman warga sekitar aliran sungai.

Ubtuk mengatasi hal tersebut telah disiapkan personil gabungan sekitar 350 orang yang sudah dibekali pelatihan ketangkasan termasuk pengoptimalan fasilitas baik alat bantu maupun dapur umum serta tenda pengungsian.

Selesai upacara, Kapolres Demak menhajak para undangan untuk mengecek peralatan ayang akan digunakan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam yang terjadi di wilayah Kabupaten Demak

Comments are closed.