Kampung KB Tingkat Kabupaten Demak Dicanangkan

 KBDEMAK – Senin (29/2) bertempat di RW 1 Desa Brakas Kecamatan Dempet dilaksanakan Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) Tingkat Kabupaten Demak oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, Dr. Singgih Setyono, MMR.

Desa Brakas Kecamatan Dempet dipilih menjadi lokasi Pencanangan Kampung KB se-Kabupaten Demak karena capaian program KB di wilayah tersebut terhitung masih kurang baik. Diharapkan dengan dicanangkannya Kampung KB di wilayah tersebut dapat lebih meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mengikuti program KB. Mengingat keberhasilan program KB akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan kesejahteraan keluarga pra sejahtera untuk menuju kehidupan yang lebih baik.

Kampung Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu program revolusi mental berbasis keluarga untuk membangun karakter bangsa Indonesia. Dengan adanya Kampung KB diharapkan agar manfaat program KB dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, terutama masyarakat di wilayah dengan berbagai keterbatasan yang tersebar di Kabupaten Demak. Mengingat program KB saat ini lebih difokuskan pada masyarakat tidak mampu dan tidak punya akses terhadap fasilitas kesehatan. Dengan kata lain, program KB menyasar penggarapan daerah Galcitas (Tertinggal, Terpencil, dan Perbatasan).

Kita harus mengoptimalkan partisipasi masyarakat agar terlibat lebih banyak dalam pengelolaan dan pelaksanaan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di wilayah masing-masing. Sehingga seluruh program KKBPK dapat dilaksanakan secara holistik, integral dan maksimal. Salah satu upaya revitalisasi pengelolaan program KKBPK adalah dengan membentuk Tim Pengelola KB Desa (TPKBD) yang keanggotaannya terdiri dari para tokoh masyarakat setempat dan dikukuhkan dengan Surat Keputusan Kepala Desa,” jelas Sekda.

Sekda menghimbau kepada para Camat dan Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Demak untuk terus mendorong agar program KKBPK di wilayah masing-masing mengalami kemajuan. ”Pastikan bahwa program KKBPK sesuai dengan pilar kesehatan, pendidikan dan ekonomi bangga bangun desa. Saya minta kedepannya Kampung KB ini bisa dibentuk di setiap kecamatan, hingga akhirnya satu desa memiliki satu Kampung KB. Untuk itu diperlukan partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat dalam membentuk dan mensukseskan Kampung KB di wilayah Kabupaten Demak,” tegasnya. (Media Center)

 

Comments are closed.