Isi Kekosongan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, BKD Demak Gelar Sosialisasi KASN

KASNDemak – Dalam rangka mengisikekosongan tiga Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak, yaitu Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Kesehatan, dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Pertambangan dan Energi, BKD Demak menggelar Sosialisasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, Kamis (17/3) bertempat di Gedung Bina Praja.

Hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut adalah Prof. Dr. Prijono Tjiptoherijanto, Komisioner KASN dan Restog Krisna Kusuma, SH, M.Si.AK, Asisten Komisioner KASN. Wakil Bupati Demak, Drs. Harwanto hadir membuka acara sosialisasi tersebut.

Pengisian tiga Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama tahun 2016 di Kabupaten Demak terkendala ketentuan pasal 162 ayat 3 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015. Yang menyatakan bahwa Gubernur, Bupati atau Walikota dilarang melakukan penggantian pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi atau Kabupaten/Kota, dalam jangka waktu enam bulan terhitung sejak tanggal pelantikan. Seperti diketahui bersama bahwa Bupati Demak terpilih direncanakan akan dilantik pada bulan Juni 2016 sehingga penggantian pejabat akan dapat dilakukan pada awal Januari 2017 mendatang.

Pejabat pimpinan tinggi memiliki peran strategis dalam birokrasi, sehingga perlu dilakukan seleksi yang bersifat terbuka dan kompetitif. Pada kesempatan ini saya menghimbau kepada instansi terkait untuk berkoordinasi dengan KASN dalam proses seleksi terbuka guna mendapatkan rekomendasi pelaksanaan dan rekomendasi pelantikan calon terpilih,” tegas Wakil Bupati.

Wakil Bupati berharap kegiatan sosialisasi tersebut dapat menjadi bahan tindak lanjut oleh instansi terkait agar dipedomani untuk mendapatkan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, transparan, akuntabel, dan obyektif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. (Media Center)

 

Comments are closed.