PESAN DANRAMIL WONOSALAM “GOTONG ROYONG MERUPAKAN PERWUJUDAN DARI GIAT TMMD”

DSC_0762DEMAK — Komandan Koramil 03/Wonosalam Kapten Inf Rustiyanto mengajak warga Desa Trengguli Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak untuk membantu menggelar kegiatan TMMD di Wilayah Kodim 0716/Demak,pesan itu di sampaikan pada acara sosialisasi TMMD REG 96 TA.2016 yang di gelar di balai desa Trengguli, Kamis (21/04).

Ajakan tersebut direspons baik oleh para perangkat dan warga desa dengan membantu hadir pada acara sosialisasi tersebut .

Kapten Inf Rustiyanto selaku Danramil ingin kembali menghidupkan budaya gotong royong yang selama ini sudah mati suri. “Serta agar terjalin kekompakan antara TNI dan warga desa binaan,” tegas Danramil.

Kegiatan itu diharapkan agar dapat menular ke seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Wonosalam.

Namun juga untuk menumbuhkan semangat gotong-royong yang memiliki keuntungan dari segi biaya, yakni lebih ekonomis bagi masyarakat setempat. Hal itu karena proyek pembangunan yang digelar dalam program itu atas bantuan pemerintah, masyarakat bersama TNI.

Khusus untuk program non-fisik di TMMD, berupa penyuluhan hukum, bantuan administrasi kependudukan, bela Negara, wawasan kebangsaan,penyuluhan pertanian,  pengobatan gratis, penyuluhan Kriminalitas, KB KES, Penyuluhan Pertanahan, Pemutaran Filem Perjuangan, Penyuluhan Narkoba serta Bintal

“Selain itu, masyarakat juga ikut merasa memiliki terhadap pembangunan yang dibangun sendiri oleh mereka itu,” kata Danramil .

Pada pelaksanaan TMMD di Desa trengguli, peran aktif masyarakat memang terlihat menonjol, terutama dalam hal pembangunan fisik.

“Untuk sekedar merenovasi RTLH, bukan membangun baru, dana yang ada, sudah diperkirakan cukup, setelah dikalkulasi dengan bahan material, ongkos  transportasi bahan bangunan dari toko ke lokasi dan berbagai jenis biaya lainnya,” sambungnya.

Sementara itu, sejumlah warga mengaku, keberadaan TMMD bukan hanya membuat masyarakat senang. Tapi bangga, karena desa mereka menjadi sasaran program TMMD.

Comments are closed.