Pengerjaan Fisik TMMD di Trengguli Diharapkan Bisa Lampaui Target

 18 DEMAK - Jajaran Kodim 0716/Demak mulai pekan depan akan menggelar kegiatan pra Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) dengan desa sasaran Desa Trengguli,Kecamatan Wonosalam. Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Inf Nanang T.T Wibisono kepada Wartawan, Senin,(25/4) mengatakan, kegiatan tersebut merupakan awal dari rangkaian program TMMD tahun 2016 di Kabupaten Demak yang secara serentak dimulai pada pekan kedua Mei hingga pekan kedua Juni.

Sasaran fisik yang akan dibangun selama kegiatan TMMD di Trengguli tersebut yaitu pengecoran jalan, perbaikan rumah tidak layak huni, pembuatan jembatan menuju akses jalan raya, merapihkan jalan, penanaman pohon belimbing dan renovasi masjid.


“Pimpinan menyampaikan agar dalam kegiatan TMMD harus ada kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat. Kami akan melibatkan semua komponen masyarakat dalam kegiatan ini baik dari kalangan mahasiswa di Kota Demak, organisasi pemuda seperti FKPPI, KNPI maupun masyarakat setempat agar kita bergotong-royong membangun kampung/desa kita,” ujar Nanang.

Dari kalangan TNI, katanya, akan diterjunkan sebanyak 150 personel (satu satuan setingkat kompi) dalam mendukung kegiatan TMMD tahun ini d41i desa Trengguli.

Selain sasaran fisik, juga akan digelar serangkaian kegiatan non fisik seperti penyuluhan kesehatan, ketahanan pangan dan gizi, penyuluhan pencegahan penyakit HIV-AIDS, penyuluhan tentang bahaya narkoba, penyuluhan peternakan dan lainnya.

Nanang T.T Wibisono mengakui terdapat sedikit hambatan dalam penyelenggaraan kegiatan TMMD tahun ini tapi itu tidak menjadi alasan dengan tidak berjalannya kegiatan TMMD REG 96 ini lantaran APBD Demak tahun anggaran 2016 baru ditetapkan belum lama ini.

Sehubungan dengan itu, Kodim 0716/Demak meminta dukungan kalangan Masyarakat setempat untuk berpartisipasi aktif.”Mungkin ada warga masyarakat terutama rekan-rekan pengusaha yang punya truk atau alat berat, bisa membantu meringankan biaya material seperti pasir, batu untuk keperluan penimbunan jalan. Kalau harga material bisa lebih murah tentu akan ada banyak objek lain yang bisa kita kerjakan terutama dalam over prestasi,” harapnya.

Dandim Demak berharap kegiatan TMMD tahun ini di Trengguli tersebut bisa dirasakan manfaat dan kegunaannya oleh masyarakat setempat. Mengenai lokasi Trengguli dipilih untuk kegiatan TMMD tahun ini, pertimbangannya karena selain usulan dari desa, juga kondisi di desa itu perlu dibangun jalan yang bisa membuka akases desa.

“Kami sudah tinjau lokasinya, kondisi geografisnya sawah. Kami upayakan untuk mendatangkan material batu dari Demak karena lebih gampang dan lebih cepat untuk digunakan menimbun jalan,” jelas Nanang Wibisono. (Pendim 0716/Dem

 

Comments are closed.