Lewat TMMD Proyek Bisa Hemat 30 % Dibanding Sistem Kontrak

DEMAK – Program T20150505_155601NI Manu­ng­gal Membangun Desa (TMMD) ke-96 , Kodim 0716 Demak, dengan desa sasaran Desa Trengguli, Kecamatan Wonosalam sebentar lagi akan dimulai. Dandim 0716/Demak yang juga Dansatgas TMMD ke-96, Letkol Inf Nanang T.T Wibisono S.A.P, menandaskan, semua sasaran ke­gi­atan pokok maupun tambahan yang akan teragendakan nantinya harus tuntas dilaksanakan 100%.

Dandim yang lulusan Akmil 96 itu mengatakan, untuk meningkatkan percepatan pembangunan di pedesaan dan wilayah kumuh perkotaan, diperlukan adanya dukungan dari seluruh komponen bangsa, melakukan pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

“Agar percepatan pembangunan di pedesaan melalui program TMMD dapat terwujud, perlu adanya dukungan dari seluruh pemangku kepentingan dalam bentuk penyiapan anggaran APBD dan APBN,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam penganggaran melalui APBD perlu mempedomani aturan perundang-undangan yang berlaku. “Perlu adanya koordinasi dan sinkronisasi agar program TMMD ke depan dapat disinergikan dengan program-program lainnya,” katanya.

Menurutnya, TMMD juga untuk meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional melalui kegiatan yang terintegrasi dengan seluruh komponen masyarakat secara berkesinambungan.

Menekan Biaya

Sementara sistem swakelo­la­ be20150508_101622rsama warga dalam kegi­atan TMMD ini otomatis bisa menekan biaya atau upah. Di­mana satu dari tiga kompo­nen utama harga satuan pe­ngerjaan sebuah proyek da­lam lingkup pemerintahan.

Tak adanya upah atau bi­aya dalam proses pengerja­an­,” jelasnya. Dikatakan, da­lam program TMMD di­per­kirakan bisa menghemat­ hingga 30% dibanding  peng­er­jaan yang dilakukan secara kontraktual.

Untuk pembuatan jalan dan pembangunan lainnya diambilkan da­ri anggaran ini sebesar 500 juta. Karena dilakukan­ swakelola melibatkan warga, maka akan mucul rasa memiliki dan menjaga hasil pekerjaan yang dihasilkan.Rasa kebersamaan antaran anggota TNI dan masyarakat juga akan terpupuk sela­m­a kegiatan berlangsung nantinya. 

 

Comments are closed.