Aplikasi UKM Demak Berbasis Android, Sarana Promosi Mudah Bagi Para Pelaku UKM di Kabupaten Demak

 ukmDEMAK – Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi atau yang dikenal dengan istilah Information and Communication Technology (ICT) dan internet telah merambah berbagai bidang kehidupan tidak terkecuali bidang bisnis dan perdagangan. Dengan adanya internet dan ICT proses pemasaran dan penjualan dapat dilakukan kapan saja tanpa terikat ruang dan waktu. Dengan kemampuan web/internet yang bisa mengirimkan berbagai bentuk data seperti teks, grafik, gambar, suara, animasi, atau bahkan video, maka banyak kalangan bisnis yang memanfaatkan teknologi ini dengan membuat homepage untuk mempromosikan usahanya. Kini hampir semua lapisan masyarakat (terutama di negara maju) sudah sangat terbiasa dengan web ini, karena hampir segala jenis informasi bisa diperoleh. Salah satu penerapan ICT dan internet terbaru dalam bidang bisnis dan perdagangan adalah electronic commerce (e-commerce) berbasis android. E-commerce dapat didefinisikan sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (emarketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), promosi produk dan lain-lain. Manfaat dan keuntungan menggunakan e-commerce adalah untuk media promosi dalam rangka untuk meningkatkan volume penjualan, baik untuk penjualan online maupun konvensional Di samping keuntungan tersebut, ternyata hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan e-commerce dalam mendongkrak peningkatan volume penjualan dan mempromosikan produk-produk industri cukup tinggi. Usaha kecil dan menengah (UKM) adalah salah satu bidang yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dikarenakan daya serap UKM terhadap tenaga kerja yang sangat besar dan dekat dengan rakyat kecil . Masalah utama yang dihadapi oleh UKM adalah pemasaran. Pemasaran dengan metode konvensional memerlukan biaya tinggi, misalnya membuka cabang baru, ikut pameran, pembuatan dan penyebaran brosur dan sebagainya. Berkembangnya internet menjadi sarana yang efisien untuk membuka jalur pemasaran model baru bagi produk UKM. Di samping biayanya relatif murah, dengan memanfaatkan internet penyebaran informasi akan lebih cepat dan jangkauannya lebih luas(

Baru baru ini Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Demak melakukan lonching aplikasi berbasis android dengan hastag UKM Demak. Aplikasi ini dapat secara langsung via hanphone/gadget berbasis android via playstore.

Aplikasi ini mempermudah UMKM di wilayah Kabupaten Demak dalam usaha mempromosikan usaha/produk mereka secara cepat dan mudah. Seperti diketahui bahwa hamper setiap orang saat ini mempunyai handphone sebagai alat komunikasi dan informasi. Mengingat pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, maka Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Demak melakukan inisiasi membangun aplikasi berbasis android dalam usaha pemasaran UMKM.

Tidak mau kalah dengan aplikasi sejenis yang saat ini telah booming di tanah air seperti GoJek, Go Food, Taksi Uber, Blackbery Masengger, What’s Up, Olx, Lazada ataupun aplikasi lain Dinas Perindagkop dan UMKM Kabupaten Demak mempelopori pemasaran UMKM melalui UKM Demak. Menurut Kasie UMKM Dinas PERINDAGKOP dan UMKM Kabupaten Demak SUnarto, SE, MM bahwa aplikasi ini baru satu satunya di Indonesia sebagai sarana promosi produk UMKM berbasis android.

Aplikasi ini hanya khusus mempromosikan hasil hasil produk UMKM yang ada di wilayah kabupaten Demak. Dengan login dan pendaftaran gratis secara on line melalui website www.ukmdemak.com ataupun langsung melalui aplikasi UKM Demak, maka masyarakat para pelaku UMKM dapat mempromosikan produk mereka guna meningkatkatkan volume penjualan usaha.

 

Comments are closed.