Tekan Angka Pengangguran Dengan Job Market Fair

jobfairDEMAK – Masalah pengangguran terjadi karena tidak seimbangnya antara jumlah pencari kerja yang selalu meningkat setiap tahunnya dan jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia sangat sedikit. Selain itu masalah pengangguran juga disebabkan karena kesenjangan informasi antara perusahaan pengguna dan pencari kerja. Kesenjangan tersebut berdampak tidak semua pencari kerja dapat menempati lowongan kerja yang ditawarkan.

Selasa (9/8) bertempat di Gedung IPHI Kabupaten Demak, Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) menggelar kegiatan Pameran Kesempatan Kerja (Job Market Fair). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut dilaksanakan dengan harapan dapat mengurai masalah ketenagakerjaan di Kabupaten Demak khususnya, dan kabupaten/kota sekitar pada umumnya. Job Market Fair juga menjadi sarana untuk memfasilitasi pertemuan antara kedua belah pihak, baik pencari kerja maupun pengguna tenaga kerja.

Acara Job Market Fair dibuka oleh Bupati Demak, HM. Natsir. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Demak, Dirjen Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Kementerian Ketenagakerjaan RI, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah, Ketua DPRD Kabupaten Demak, Sekda Demak, para pimpinan perusahaan, Kepala Bursa Kerja Khusus (BKK), dan Kepala Lembaga Pelatihan dan Ketrampilan Swasta (LPKS).

Berdasarkan data dari Dinsosnakertrans Demak, untuk tahun 2015 terdapat 2.539 orang pencari kerja laki-laki dan 3.871 orang pencari kerja perempuan. Adapun jumlah lowongan kerja yang tersedia hanya 345 untuk laki-laki dan 1.955 untuk perempuan.

Melalui kegiatan job market fair diharapkan dapat mempercepat pertemuan antara pencari kerja dengan perusahaan selaku pengguna tenaga kerja, dimana kedua belah pihak dapat bertemu secara langsung sehingga mempercepat proses penempatan.

Para pencari kerja dapat mengetahui informasi lowongan pekerjaan yang up to date dan memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan. Sedangkan pihak perusahaan dapat memanfaatkan momen tersebut untuk menyerap tenaga kerja sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan sehingga mampu mendorong kemajuan perusahaan.

Ada 35 perusahaan berskala nasional yang ikut serta dalam kegiatan Job Market Fair ini. Saya berpesan kepada para pencari kerja agar memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya, terlebih acara ini tanpa dipungut biaya atau gratis. Disini para pencari kerja diberi kesempatan seluas-luasnya untuk bertanya langsung ke perusahaan yang akan dituju,” kata Bupati. (Media Center)

 

Comments are closed.