Satgas Saber Pungli Demak Dikukuhkan Bupati

saberDEMAK – Rabu (11/1) bertempat di Gedung Bina Praja, Pemerintah Kabupaten Demak melaksanakan dua agenda besar yaitu penandatanganan kesepakatan bersama Pemerintah Kabupaten, Polres, Kodim, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri dan DPRD Kabupaten Demak tentang Pembentukan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik serta Pengukuhan Satgas Saber Pungli Kabupaten Demak.

Keberadaan Satgas Saber Pungli dibentuk sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 180/3935/Sj tentang Pengawasan Pungutan Liar dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, bahwa dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan pelayanan publik kepada masyarakat dilakukan pemberantasan dan pencegahan terjadinya praktik pungutan liar oleh Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar dengan melibatkan unsur-unsur instansi terkait.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Satgas Saber Pungli menyelenggarakan fungsi intelijen, pencegahan, dan pemberantasan pungutan liar. Satgas Saber Pungli memberikan rekomendasi kepada pimpinan untuk memberikan sanksi kepada pelaku pungli sesuai ketentuan yang berlaku. Dengan tugas dan wewenang tersebut, Satgas Saber Pungli harus sangat terbuka terhadap laporan dari masyarakat dan terbuka terhadap masukan, dalam hal ini dibutuhkan keterlibatan langsung dari masyarakat. Untuk mendukung keterlibatan masyarakat, Satgas Saber Pungli harus menyediakan tempat khusus bagi masyarakat guna melaporkan segala bentuk pungli yang terjadi.

“Diharapkan dengan adanya Satgas Saber Pungli dapat mencegah dan memberantas pungli dalam pelayanan kepada masyarakat. Dengan demikian pungli hilang namun pelayanan tetap mudah dan cepat, tanpa adanya pungutan apapun yang tidak sesuai dengan ketentuan,” kata Bupati Demak saat mengukuhkan Satgas Saber Pungli.

Dengan dibentuknya Satgas Saber Pungli di Kabupaten Demak diharapkan pelayanan publik akan semakin baik. Untuk itu dibutuhkan dukungan dari seluruh unsur agar saling mengawasi sehingga Satgas ini dapat berjalan dengan baik.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Demak, Ketua Ormas, tokoh agama dan tokoh masyarakat se-Kabupaten Demak. *(Media Center)

Comments are closed.