Pembekalan TP PKK Desa Se-Kabupaten Demak Tahun 2017

TP PkkDEMAK– Bertempat di Pendopo Kabupaten Demak pada Senin (27/2), Pemerintah Kabupaten menyelenggarakan kegiatan Pembekalan bagi Ketua dan Bendahara Tim Penggerak PKK Desa se-Kabupaten Demak. Acara dibuka oleh Bupati Demak HM. Natsir dan dihadiri oleh Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Demak, Hj. Titik Joko Sutanto, S.Pd, M.Pd. beserta narasumber dari Dinpermades P2KB, Inspektorat dan Bappeda Litbang Kabupaten Demak.

Kegiatan pembekalan dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas gerakan PKK yang ikut berperan serta dalam pembangunan nasional, diperlukan kemantapan pengelolaan gerakan PKK dengan memanfaatkan sumber daya yang lebih berdaya guna dan berhasil guna. Melalui kegiatan tersebut diharapkan para peserta pembekalan dapat membangun persamaan persepsi dalam mengemban tugas secara profesional dan keterpaduan dalam melaksanakan tertib administrasi dan pelaksanaan 10 program pokok PKK. Para peserta diharapkan pula dapat membuat program kerja yang disesuaikan dengan kondisi desa masing-masing.

”Pada kesempatan ini saya minta kepada para peserta pembekalan, khususnya kepada Ketua TP PKK Desa se-Kabupaten Demak agar dapat menjadi pemimpin yang disegani dan ditauladani oleh bawahan. Pola kepemimpinan dalam organisasi yang diterapkan nantinya akan sangat menentukan keberhasilan dari gerakan PKK Desa,” tegas Bupati.

Bupati menghimbau kepada para Ketua TP PKK Desa untuk selalu memegang teguh prinsip-prinsip kepemimpinan yang tepat seperti yang tercantum pada trilogi kepemimpinan yaitu : ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso dan tut wuri handayani. Artinya bahwa seorang pemimpin harus dapat menjadi panutan, memberikan semangat dalam berswakarsa dan berkreasi, dan mampu memberikan kekuatan bagi bawahan. Karena itulah yang menjadi kunci keberhasilan seorang pemimpin.

Untuk Bendahara PKK Desa diharapkan dapat lebih fokus pada tugas pokok dan fungsinya, serta melakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya, teliti, cermat, dan penuh rasa tanggung jawab. “Terus tingkatkan wawasan serta pengetahuan. Mengingat saudara-saudara adalah garda terdepan yang menjadi kunci kesuksesan TP PKK Desa. Jagalah amanah yang telah dipercayakan kepada saudara-saudara sekalian dengan sebaik-baiknya. Teruslah berperan aktif dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati. *

PKK merupakan salah satu wadah organisasi perempuan di masyarakat yang tumbuh dari bawah dengan perempuan sebagai penggerak dan dinamisatornya dalam pembangunan. PKK bertujuan membina dan mewujudkan kesejahteraan keluarga sebagai unit kelompok kecil masyarakat. (media center)

Comments are closed.