Sosialisasi Undang-Undang Pemilu Tahun 2019 Dan Peresmian Kedai Pintar Pemilu

kedai pemiluDEMAK – Selasa (8/8) bertempat di halaman kantor, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Demak menggelar acara Sosialisasi Undang-Undang Pemilu dalam Pemilihan Umum 2019 dan Peresmian Kedai Pintar Pemilu sebagai pusat informasi kepemiluan di Demak. Acara dihadiri oleh Bupati Demak HM. Natsir, Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Drs. Joko Purnomo, Ketua KPU Kabupaten Demak, Mahmudi, S.Ag. M.Fil., Kepala Bagian Hukum Moh Ridhodin, SH. MM,, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Edi Suntoro SE, Panwaslu serta masyarakat umum.

“Pada tahun 2018 nanti kita akan melaksanakan Pemilihan Gubernur dan tahun 2019 akan dilaksanakan Pemilihan Presiden. Saya harapkan agar seluruh rangkaian agenda demokrasi ini dapat berjalan baik, sukses, dan kondusif. Kesuksesan pemilu bukan hanya tanggung jawab penyelenggara pemilu, tetapi juga tanggung jawab seluruh elemen masyarakat. Pemilu serentak rencananya akan dilaksanakan pada bulan April 2019 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden serta anggota legislatif,” pesan Bupati.

Pada kegiatan tersebut juga diresmikan Kedai Pintar Pemilu KPU Demak. Kedai tersebut adalah salah satu sarana sosialisasi kepada masyarakat dan dibentuk dengan harapan dapat dijadikan sebagai wahana belajar kepemiluan dan demokrasi bagi masyarakat Demak. Sehingga dapat membuka wawasan keilmuan dan pengetahuan tentang pemilu di Indonesia, khususnya di Kabupaten Demak. Kedai Pintar Pemilu diharapkan juga bisa menjadi museum mini pemilu serta salah satu destinasi wisata demokrasi dan kepemiluan di Kabupaten Demak yang dapat diakses semua kalangan.

Ketua KPU Kabupaten Demak Mahmudi, S.Ag. M. Fil. menuturkan bahwa saat ini kedai pintar pemilu masih perlu dilengkapi. “Kami sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin memberi kontribusi di kedai pintar pemilu. Bahkan kami mengundang masyarakat untuk aktif lewat diskusi rutin ataupun memberikan saran dan kritiknya,” katanya.

edai Pintar Pemilu memiliki 3 ruang yang disediakan yakni ruang display dan perpustakaan, ruang audio visual dan diskusi serta ruang simulasi. Pelayanan dimulai pada pukul 08.30 – 15.30 WIB setiap hari dan gratis. Sedangkan untuk jadwal berkunjung untuk rombongan dengan jumlah di atas 25 orang, diminta terlebih dahulu untuk menyampaikan pemberitahuan baik secara tertulis atau lisan paling lambat 1 hari sebelumnya melalui telepon / fax (0291) 681753. (media center)

Comments are closed.