Pembukaan Diklat Calon Kepala Sekolah Jenjang SD Tahun 2017

diklatDEMAK – Bertempat di Aula Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Demak Bupati HM. Natsir membuka secara resmi Diklat Calon Kepala Sekolah Jenjang SD Tahun 2017, Senin (25/9). Acara dihadir pula oleh Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto, Sekretaris Daerah dr. Singgih Setyono, M.Kes., Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Tengah Drs. Harmanto, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Anjar Gunadi, M.Pd., Kepala BKPP Hadi Waluyo, SH. M.Pd.

Kepala sekolah adalah figur sentral dalam peningkatan kualitas pendidikan. Keberhasilan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga yang dipimpinnya tidak lepas dari kompetensi dan kemampuan memainkan tugas, peran dan fungsinya sebagai kepala sekolah.

Bupati menegaskan bahwa diklat merupakan upaya pembinaan bagi Calon Kepala Jenjang Sekolah Dasar se-Kabupaten Demak yang nantinya akan menggantikan kepala sekolah yang masa periodenya telah berakhir. “Jika nantinya terjadi pergantian kepala sekolah, saudara harus tetap bekerja maksimal dan optimal. Jadilah pemimpin yang amanah.  Pahami peran masing-masing dan tetap miliki rasa tanggung jawab besar di sekolah. Bila sudah dilantik dan menjabat, saudara harus bisa melanjutkan program dan tugas kepala sekolah sebelumnya. Itulah yang disebut dengan kerja cerdas. Saya harapkan saudara sekalian dapat melakukannya dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab,” kata Bupati.

“Jadilah Kepala Sekolah yang berkualitas, handal, bermutu dan profesional di Kabupaten Demak. Hindari aksi lempar tanggung jawab pasca adanya pergantian kepala sekolah. Berikan perubahan dan pembaharuan dalam rangka peningkatan kinerja dan mutu pendidikan di Kabupaten Demak. Bawalah pendidikan di Kota Wali ke arah yang lebih baik, kondusif, serta berdaya saing dengan kabupaten/kota lain,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak Sapon, S.Pd. M.Pd. menyampaikan bahwa penyelenggaran diklat tersebut merupakan kerjasama atau pola kemitraan antara Pemerintah Kabupaten Demak dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Tengah. Penyelenggaraan diklat telah melewati suatu proses yang panjang, dimulai dengan diselenggarakannya Seleksi Administrasi Tingkat Kecamatan selama 10 hari pada tanggal 22 s/d 31 Agustus 2017, Seleksi Administrasi Tingkat Kabupaten selama 5 hari pada tanggal 4 s/d 8 September 2017, Seleksi Akademik meliputi Tes Kemampuan Umum, Tes Kepribadian dan Tes Kemampuan Profesional oleh Tim Assesor LPMP Provinsi Jawa Tengah yang diikuti oleh 128 peserta. Seleksi dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 12 s/d 13 September 2017 bertempat di Aula SMA Negeri 2 Demak.

“Proses yang panjang dan bertahap ini dimaksudkan agar dalam penyiapan calon kepala sekolah dapat menghasilkan calon kepala sekolah yang berkualitas, profesional dan berintegritas sehingga diperoleh 40 peserta yang lulus seleksi dan berhak mengikuti diklat pada hari ini,” katanya. (media center)

Comments are closed.