Pencaker Kabupaten Demak Digembleng Materi Sepeda Motor Di BLK

blkDEMAK – Balai Latihan Kerja Kabupaten Demak mengadakan pelatihan kejuruan Teknik Sepeda Motor (TSM) angkatan terakhir periode 16 Oktober hingga 18 November 2017. Pelatihan diikuti peserta dari masyarakat Kabupaten Demak yang merupakan pencari kerja usia produktif. Pada periode ini BLK Kabupaten Demak melaksanakan Pelatihan Berbasis Kompetensi Kejuruan Teknik sepeda motor sebanyak dua kelas yang dapat menampung besarnya animo masyarakat yang cukup tinggi terhadap pelatihan ini. Para pencari kerja sangat bersemangat dalam mengikuti pelatihan yang di masa mendatang dapat mereka gunakan sebagai bekal mereka memasuki dunia kerja
Materi utama yang diberikan dalam pelatihan di Balai Latihan Kerja Kabupaten Demak untuk periode ini sudah sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia(SKKNI) meliputi pengetahuan(Knowledge), Ketrampilan (Skill) dan Sikap Kerja (Attitude) tentang Teknik Sepeda Motor(TSM). Kesesuaian materi pada Pelatihan Berbasis Kompetensi yang dilaksanakan di BLK Kabupaten Demak dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia(SKKNI) diharapkan membawa dampak positif terhadap hasil pelatihan dengan menciptakan tenaga kerja yang terampil dan siap kerja.

Program pelatihan yang diterapkan pada kejuruan teknik sepeda motor periode ini berbeda dengan periode sebelumnya. Selain materi utama yang sudah sesuai SKKNI, juga diberikan materi tentang percepatan kesiapan untuk bekerja (softskill) berupa pengenalan diri, komunikasi, bekerjasama dengan orang lain juga diberikan pada periode ini. Hal ini untuk lebih memperkuat karakter peserta pelatihan agar lebih siap bekerja, sehingga pada periode ini diberikan materi berupa ketrampilan teknis yang berdasarkan pada SKKNI dan Softskill.

Pelatihan di Balai Latihan Kerja Demak tidak hanya berakhir di tahun 2017, tetapi pada tahun 2018 BLK Demak juga akan mengadakan Pelatihan kerja untuk Kejuruan Jahit, Teknisi Pendingin(AC), Rias Pengantin, Pengolahan Hasil Pertanian dan Teknisi Handphone yang dibiayai oleh APBD Kabupaten Demak. Adapun untuk kejuruan lain masih menunggu proses penetapan dari kementrian ketenagakerjaan. Pendaftaran calon peserta pelatihan untuk pelaksanaan tahun 2018 dibuka setiap hari kerja di Balai Latihan Kerja Kabupaten Demak yang berlokasi di Jl. Katonsari No.19 Demak (belakang UNISFAT)

Comments are closed.