Kabupaten Demak Terapkan One Village One Product
>
>
Kabupaten Demak Terapkan One Village One Product

DEMAK –  Setiap desa di Kabupaten Demak memiliki produk unggulan yang memiliki ciri khas tersendiri. Hal tersebut terungkap saat Studi Komparasi Pemerintah kota Pariaman ke Kabupaten Demak, Rabu (28/8). Kunjungan tersebut sekaligus sebagai kunjungan balasan atas kunjungan Pemkab Demak ke Kota Pariaman pada 2017 lalu.
“One Village One Product. Istilah tersebut tepat digunakan, karena setiap desa di Demak memiliki produk unggulan sendiri. Dan kami berupaya untuk memperkenalkan produk unggulan tersebut ke masyarakat luas”, tutur Drs. Daryanto, MM saat membacakan sambutan Bupati Demak, HM Natsir.
Menurut Kepala Dinpermades P2KB Kabupaten Demak tersebut, berbagai upaya yang dilakukan Pemkab Demak diantaranya adalah memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk bisa mengemas produknya secara menarik, sehingga menaikkan harga jual. Tak hanya itu saja, beberapa produk unggulan dipasarkan secara online, sehingga bisa menembus pasar nasional.
”Beras premium dari Mlatiharjo Gajah bahkan sudah terkenal se Indonesia”, ungkap Daryanto.
Sementara itu, Agung Widodo, MM selaku Camat Gajah mengungkapkan selain beras premium, ada banyak produk unggulan lain yang dimiliki oleh Kecamatan gajah. ”Kami punya potensi jambu madu dan lele yang dikembangkan di pekarangan rumah warga”.
”Sejak tahun 2017, Dana Desa untuk Desa Boyolali Kecamatan Gajah digunakan untuk pemberdayaan masyarakat. Setiap KK di Boyolali memperoleh bibit jambu madu dan bibit lele. Kalo ga punya pekarangan, ya ditanam di pollybag”, kata Agung Widodo.
Hal tersebut dilakukan Pemerintah Kecamatan Gajah sebagai salah satu upaya untuk menekan angka kemiskinan, mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan, khususnya warga Kecamatan gajah.
Studi Komperensi Pemkot Pariaman diterima oleh Kepala Dinpermades P2KB Kabupaten Demak, Drs. Daryanto, MM didampingi oleh Kepala DinPMPTSP dan Camat Gajah. Sebelumnya, rombongan melakukan kunjungan lapangan ke Desa Mlatiharjo dan Desa Boyolali Kecamatan Gajah untuk mengetahui secara langsung bagaigana produk unggulan yang dimiliki dua desa tersebut bisa moncer di pasaran. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart