Oct 03

Sekda Demak Sambut Tim Penilai Lomba LBS Desa Kembangarum

DEMAK – Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M. Kes menerima kedatangan Tim penilai lomba Lingkungan Bersih Sehat atau LBS tahun 2019 tingkat Nasional, di Balai Desa Kembangarum, Selasa (1/10). Desa tersebut merupakan desa yang terpilih sebagai nominasi di tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tahun 2019.
Dalam sambutannya Singgih menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh tim verifikasi lomba LBS. Ia menyatakan optimismenya Lingkungan Kembangarum bisa meraih prestasi pada lomba LBS tahun ini.
“TP PKK Kembangarum betul-betul aktif di dalam hal kebersihan, walaupun dekat pasar, tapi masyarakatnya bisa didorong untuk hidup bersih,” jelas Singgih.
Melalui pendekatan yang dilakukan oleh TP PKK dan Pemdes, lanjut Singgih, masyarakat mulai sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan. Buktinya, Desa Kembangarum menjadi salah satu desa percontohan lantaran lingkungannya bersih dan sehat.
“Warga Desa Kembangarum sudah bisa meminimalisir sampah dan menggalakkan bank sampah. Tak hanya itu saja, untuk memanfaatkan pekarangan rumah, masyarakat menanam berbagai tanaman obat keluarga (toga). Lebih dari 100 jenis toga bisa ditemukan disini. Bagi masyarakat yang tidak memiliki pekarangan luas, toga dan tanaman jenis lain, seperti sayuran dikembangkan dengan polybag dan hidroponik. Selain menghemat lahan, hal ini dilakukan sebagai upaya memberi nilai tambah bagi warga,” ujar Singgih.
Ketua tim verifikasi lapangan Ery Sugardini mengatakan bahwa LBS adalah salah satu lomba yang diadakan dalam rangka hari Kesatuan Gerak PKK-KKVPJ-KES.
“Setiap tahun diadakan lomba dengan empat kriteria, yaitu Posyandu, KB, LBS dan PHBS. Tahun ini Kabupaten Demak yang diwakili Desa Kembangarum mengikuti lomba LBS,” kata Eri.
Kedatangan Tim Penilai ke Kembangarum untuk memonitoring dan mengevaluasi profil yang sudah dikirimkan ke TP PKK Provinsi Jateng.
“Kami terjun untuk mencocokkan apa yang ada pada profil dengan kondisi sebenarnya di Desa Kembangarum ini,” lanjut Kristin.
Sementara Bupati Demak HM.Natsir dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Tim Penilai atas kepeduliannya dalam membimbing pada kegiatan Lomba LBS.
Ia berharap dengan masuknya Desa Kembangarum maju ke tingkat Provinsi ini, dapat mendorong serta menginspirasi masyarakat lainnya akan pentingnya menciptakan dan menjaga lingkungan agar senantiasa bersih dan sehat. Ia juga menyatakan kesiapannya untuk maju ke tingkat yang lebih atas lagi.
Dalam acara tersebut juga dimeriahkan beberapa stand UMKM Kecamatan Mranggen, Fashion show anak-anak dengan menggunakan kostum kreasi dari plastik. (Humas Demak)

Bagikan