Oct 04

Wabup Demak Buka TMMD Tahap III Di Wonosalam

DEMAK – Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto bertindak sebagai inspektur upacara pembukaan TMMD tahap III (reguler 106 dan sengkuyung III) Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 di Desa Doreng Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak, Rabu (2/10).
Pada kesempatan itu, Wabup membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, SH., MIP. Dalam sambutan tersebut disampaikan, sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta Pemerintah Pusat dan Daerah melalui TMMD seperti inilah menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi isu/persoalan terkini dengan solusi.
Pada prinsipnya, lanjutnya, masyarakat harus betul-betul dapat hidup secara baik, sehat dan sejahtera. Kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan harus kita atasi dan lawan bersama.
“Kita berikan beasiswa bagi anak dari keluarga miskin. Kita bantu pembangunan untuk RTLH. Kita berikan jamkesda untuk yang non kuota, dan kita berikan pendampingan serta pemberdayaan bagi pelaku UMKM dan para kadang tani. Program ini yang harus disengkuyung bareng-bareng. Ke depan kita harapkan, RTLH perlu ditingkatkan jumlah unit-unitnya, baik melalui stimulan APBN, APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota maupun CSR dengan didukung swadaya masyarakat. Akses jamban masyarakat harus terus diperhatikan dan ditingkatkan pula. Masyarakat tidak boleh lagi BAB sembarangan. Ajak masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, termasuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di sungai-sungai. Ini perilaku yang tidak sehat dan membahayakan kelestarian lingkungan,” terangnya.
Kapten Infanteri pasiter Mulyadi dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan TMMD dimulai tanggal 2 sampai dengan 31 Oktober 2019. Sasaran kegiatannya meliputi, sasaran fisik dan non fisik. Untuk sasaran fisik terdiri dari sasaran pokok berupa betonosasi jalan beton bertulang ukuran 396 M x 4 M x 0,15 M. sedangkan untuk sasaran tambahan berupa pembuatan prasasti TMMD Sengkuyung III Tahun Anggaran 2019.
Untuk sasaran non fisik, diadakan penyuluhan Deradikalisasi Terorisme dan penyuluhan Bintal dan kerukunan antar umat beragama. (Humas Demak)

Bagikan