Oct 08

Hindari 3 Asal Sebagai Literasi Keamanan Informasi

DEMAK – Sosialisasi terkait keamanan informasi dilakukan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Demak melalui pemasangan baliho di beberapa titik strategis dan pemasangan banner diberanda website dinkominfo. Sosialisasi yang bertemakan “Amankan Informasi Anda Hindari 3 Asal ” dilakukan dalam rangka literasi keamanan informasi. Menyusul telah dilakukanya beragam bentuk sosialisasi yang dilakukan pihak Badan Siber Sandi Negara (BSSN) diberbagai daerah.

Kepala bidang Informasi dan Persandian Harso Gutomo melalui kasi persandian Bimo menjelaskan, “masyarakat pemilik android diharapkan lebih waspada mengenai bahaya terungkapnya data pribadi di dunia maya. Isu-isu yang biasa ditemui sehari-hari seperti pesan berantai, berita yang memprovokasi, berunsur memecah belah dan informasi yang berisi hoaks, bahkan lebih bahaya lagi dan tidak disadari oleh masyarakat dengan membuat password asal-asalan”. jelasnya.

Adapun 3 asal yang disosialisasikan dan wajib dipahami pengguna android yakni ‘Jangan Asal Klik’ yang artinya jangan membiasakan diri untuk melakukan klik diandroid tanpa ada kejelasan. ‘ Jangan Asal Membagikan Informasi Pribadi ‘ yang mengandung maksud jangan memberikan data pribadi kepada siapapun yang meminta bila meragukan identitasnya. Dan Yang ke 3 ‘ Jangan Asal Terima Pesan-Email-File Dari Orang Yang Tidak Dikenal ‘ dimaksudkan agar masyarakat tidak langsung merespon kiriman yang dirasa asing sebab dapat berujung merugikan diri.

Kepala Dinkominfo Demak Endah Cahyarini mengharapkan seluruh masyarakat mulai sekarang hendaknya meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan membiasakan budaya keamanan informasi dalam kehidupan sehari-hari, Agar mampu mengamankan informasi pribadi dan tidak dimanfaatkan oleh pihak yang tidak berhak. Untuk itu perlu mengenali dari hal kecil yang berkaitan dengan penggunaan internet kita harus lakukan literasi dan sosialisasi ungkapnya. (kominfo)

Bagikan
Bagikan