Wabup Demak Serahkan Bantuan Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat
>
>
Wabup Demak Serahkan Bantuan Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat

DEMAK – Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto serahkan bantuan untuk pengembangan taman bacaan masyarakat dari Baznas Kabupaten Demak kepada TBM Mafaza Pustaka desa Pulosari Kecamatan Karangtengah. Penyerahan berlangsung saat Seminar dan Musyawarah Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Tahun 2019 di Pendopo Satya Bhakti Praja, Selasa (15/10).
Pada kesempatan tersebut Wabup mengungkapkan bahwa Pemkab Demak terus berupaya mendorong dan meningkatkan minat baca masyarakat. Yakni dengan menghadirkan perpustakaan keliling. Selain itu juga dengan mencanangkan kampung literasi di beberapa desa. Dengan harapan pengetahuan masyarakat juga akan semakin bertambah dan nantinya akan membawa Demak sebagai daerah yang maju.
Bila berbicara mengenai perpustakaan, lanjut Joko, tentu tidak bisa lepas dari peran penting pustakawan yang terlibat di dalamnya. Para pustakawan akan lebih bermakna bagi kemaslahatan masyarakat jika mampu memberikan pelayanan perpustakaan yang maksimal. Selain itu, pustakawan hendaknya dapat menjadi motivator dalam pengembangan perpustakaan.
Di bawah organisasi Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Joko berharap, pemerhati perpustakaan dapat menyebarkan semangat yang berjiwa literasi kepada masyarakat. Karena pada dasarnya literasi merupakan hal yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat.
”Mari jadikan membaca sebagai sebuah kewajiban dan kebutuhan sehari-hari demi mendukung Demak Kabupaten Literasi,” pungkasnya.
Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak Dra. Tatik Rumiyati menjelaskan, seminar dan Musda yang ditujukan untuk 150 Pustakawan dan pemerhati Literasi di Kabupaten Demak bertujuan untuk memahami pentingnya literasi bagi kemajuan dan kesejahteraan Indonesia. Selain itu juga untuk menumbuhkan jiwa relawan dan militan literasi bagi masyarakat. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart