Peringati Hari Santri, 4451 Orang Ikuti Istighosah Kebangsaan Di Demak
>
>
Peringati Hari Santri, 4451 Orang Ikuti Istighosah Kebangsaan Di Demak

DEMAK – Sebanyak 4451 orang ikuti Istighosah Kebangsaan sekaligus Pembukaan Kemah Santri dalam rangka Peringatan Hari Santri Nasional di Sanggar Pramuka Katonsari, Senin (21/10).
Bupati Demak HM. Natsir yang hadir pada kesempatan itu berharap, melalui istighosah dan kemah santri tersebut dapat dijadikan sebagai sebuah momentum tepat untuk kembali mengobarkan semangat persatuan dan kesatuan. “Saya tekankan bahwa menjaga keutuhan NKRI tidak hanya menjadi tugas dari kepolisian maupun TNI saja. Ide-ide ekstrimisme dan radikalisme jangan pernah kita biarkan tumbuh. Apalagi sampai berkembang,” tegasnya.
Bupati minta agar para santri dapat membangkitkan peradaban bangsa dengan cara menerapkan nilai-nilai kepesantrenan dalam kehidupan sehari-hari. “Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka saya yakin santri yang ada di Kabupaten Demak menjadi santri yang berkarakter. Hal itu tentu saja sangat membanggakan. Karena Demak merupakan kabupaten yang religius yang juga terkenal dengan sebutan Kota Wali.
Melalui momen itu Natsir minta kepada segenap pengurus pondok pesantren untuk mengelola pesantrennya lebih modern yang mampu mengikuti perkembangan jaman. Namun tetap berpegang teguh pada ajaran Islam.
“Saya berharap pendidikan yang ada di pondok pesantren seimbang. Artinya pendidikan formal dan pendidikan agama berjalan seimbang. Sehingga para santri tidak hanya mahir berdakwah dan memiliki pendidikan agama yang bagus, namun juga memiliki pengetahuan yang luas. Dan juga mampu bersaing dengan generasi lain,” pungkasnya.
Sakdullah fata selaku ketua penyelenggara mengatakan, peserta istighosah merupakan peserta kemah yang berasal dari perwakilan semua ponpes yang ada di kabupaten Demak. jumlah tersebut terbagi dalam 147 tenda. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart