Pemkab Demak Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Budaya
>
>
Pemkab Demak Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Budaya

DEMAK – Pemerintah Kabupaten Demak melalui Dinas Pariwisata menggelar Pelatihan Pemandu Wisata Budaya di Ballroom Hotel Amantis, Senin (28/10).
Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Windu Sunardi, SH., MH yang secara resmi membuka kegiatan tersebut mengaku sangat apresiatif dengan inovasi dan terobosan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Demak untuk mengaktifkan pemandu wisata. ”Saya berharap seluruh pemandu wisata yang telah lulus seleksi lebih aktif mempromosikan potensi wisata yang kita miliki. Jadilah pemandu wisata yang mumpuni,” katanya.
Windu menambahkan, sebagai pemandu wisata harus memberikan pelayanan prima kepada para wisatawan, sehingga mereka tidak kapok dan akan kembali berkunjung ke Demak.
Kepada para pemandu wisata kuliner, lanjut Windu, agar aktif mencari tempat-tempat makan yang kekinian. Walaupun jenis makanannya sama akan tetapi lokasi yang asik tentu banyak diminati. ”Selepas kegiatan ini mari kita samakan visi, persepsi dan cara pandang bagaimana kita bisa ”menduniakan” Kabupaten Demak. Sehingga pendapatan asli daerah sektor pariwisata meningkat,” ungkap dia.
Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Agus Kriyanto, SE., MM menjelaskan, tujuan diselenggarakan pelatihan tersebut yaitu tersedianya SDM pelaku pariwisata Kabupaten Demak yang berkualitas sehingga diharapkan peran sertanya dalam pengembangan di bidang pariwisata Kabupaten Demak. Selain itu juga untuk mendapatkan Pemandu Wisata Budaya guna meningkatkan kualitas pelayanan pariwisata Kabupaten Demak sesuai standar yang telah ditetapkan.
Adapun peserta yang mengikuti pelatihan Pemandu Wisata Budaya Kabupaten Demak tahun 2019 sebanyak 160 orang yang terdiri dari 50 peserta Pelatihan Pemandu Wisata perdesaan dan perkotaan seperti obyek wisata Istambul dan Bedono, 50 peserta pelatihan pemandu wisata sejarah yang lebih menekankan pada wisata religi, dan 60 peserta pelatihan pemandu wisata kuliner dan belanja.
Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 28 sampai dengan 30 Oktober 2019 di Ballroom Hotel Amantis tersebut akan dihadiri oleh Sekda Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes. ”Menurut rencana, di hari pertama ini, Sekda akan meberikan materi terkait kebijakan pembangunan pariwisata Kabupaten Demak pada pelatihan ini,” lanjutnya. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart