Sosialisasi Produk Hukum, Bupati Natsir Minta Kades Kuasai Administrasi Desa
>
>
Sosialisasi Produk Hukum, Bupati Natsir Minta Kades Kuasai Administrasi Desa

DEMAK – Dalam mewujudkan reformasi birokrasi dan kepemerintahan yang baik diperlukan aparatur yang berkompeten dan berkualitas. Aparatur pemerintahan desa harus bisa menguasai administrasi pembangunan, menyusun peraturan desa, maupun APBDes. Mulai dari perencanaan, manajemen, hingga pengembangan sistem manajerial desa agar sektor pembangunan merata. Demikian disampaikan Bupati Demak HM. Natsir saat berikan sambutan pada Sosialisasi Produk Hukum Daerah dan Pembinaan Kepala Desa dan Kepala Kelurahan se-Kabupaten Demak, Selasa (12/11).
Disampaikan oleh Natsir, Kepala Desa dan Kepala Kelurahan merupakan perpanjangan tangan Pemerintah yang berada pada garis terdepan pelayanan di tingkat desa dan dusun. Dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, hendaknya dapat bersinergi dengan Badan Permusyawaratan Desa, sekretaris desa, serta perangkat desa. “Bangun komunikasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dan pembinaan kemasyarakatan desa,” serunya.
Natsir melanjutkan, saat ini anggaran yang dialokasikan ke desa semakin besar. Berbagai kucuran dana bisa digunakan untuk membangun desa. Mulai dari Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), serta Bantuan Keuangan Provinsi.
Bupati menghimbau agar anggaran tersebut dimanfaatkan untuk pembangunan fisik dan non fisik, terutama untuk pemberdayaan masyarakat. ”Di mana output-nya untuk menekan angka kemiskinan, mengurangi pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Seperti jambanisasi, berbagai pelatihan ketrampilan serta kegiatan lain yang tujuannya adalah untuk memberdayakan masyarakat desa,” imbuhnya.
Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes saat berikan motivasi kepada para Kades dan Lurah se Kabupaten Demak, menyampaikan tiga kunci menjadi pribadi sukses. Yaitu, jenis buku yang dibaca, dengan siapa kita berteman, dan apa yang setiap hari kita lihat.
Ia juga berpesan kepada Kades/ Lurah agar selalu rukun dengan para perangkatnya dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Hal itu bertujuan agar pelayanan kepada masyarakat bisa maksimal. ” Dengan pelayanan yang maksimal, anda bisa dikatakan sebagai Kades yang sukses,” pungkas Sekda.
Sosialisasi tersebut menghadirkan Narasumber dari Kejaksaan Negeri Demak, Kapolres Demak, Inspektur Kabupaten Demak dan Dandim 0716 Demak. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart