Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dengan Inovasi Dan Kreatifitas
>
>
Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dengan Inovasi Dan Kreatifitas

DEMAK – Inovasi dan kreatifitas mutlak diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan. Demikian diungkapkan Wakil Bupati Demak pada Workshop Jaringan Penelitian dan Pengembangan (Jarlitbang) Kabupaten Demak Tahun 2019, Kamis (14/11). Acara yang mengambil tema “Strategi Pemasaran untuk Start Up Kabupaten Demak” tersebut berfokus tentang bagaimana mengajak masyarakat untuk kreatif dan terus berinovasi.
“Tahun 2030 nanti kita akan menghadapi bonus demografi, dimana dibutuhkan banyak lapangan pekerjaan. Maka, jika ingin bertahan, mulai dari sekarang kita harus kreatif dan terus berinovasi”, tutur Wakil Bupati Demak, Drs. H. Joko Sutanto.
Menurut orang nomor dua di Kabupaten Demak tersebut, kedua hal itu mutlak diperlukan jika ingin meningkatkan kesejahteraan. “Jika ingin semakin sejahtera, kedua hal itu harus dilakukan. Karena sekarang bukan lagi jamannya yang kuat mengalahkan yang lambat. Tapi yang cepat mengalahkan yang lambat”.
Joko Sutanto menambahkan, di era digitalisasi saat ini masyarakat dituntut untuk bisa memaksimalkan perkembangan teknologi yang ada. Seperti berbagai aplikasi yang tercipta untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki. Dengan demikian, hasil yang didapat pun akan lebih maksimal. Outputnya terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengurangan pengangguran dan pengurangan kemiskinan.
“Saat ini angka kemiskinan di kabupaten Demak masih cukup tinggi. Padahal kita punya potensi yang luar biasa. Maka, kita harus bisa menggunakan perkembangan teknologi untuk membuka lapangan kerja. Misal, Demak adalah penghasil garam dan hasil laut. Kalau cuma dijual mentah, ya murah. Tapi kalau diolah, otomatis akan meningkatkan nilai jual.”
Menurut Wabup Demak, berbagai langkah telah dilakukan Pemkab untuk menjadikan masyarakat kreatif dan inovatif. Salah satunya adalah dengan terus menyelenggarakan kompetisi krenova. Selain itu juga dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui bidang pendidikan dan kesehatan.
“Selain lomba krenova, Pemkab fokus pada bidang pendidikan dan kesehatan. Karena kedua bidang tersebut merupakan point penting dalam peningkatan SDM”.
Hal senada diungkapkan oleh Marjoko, ST, MSc selaku GM TTIC Kamar Dagang dan Industri Jateng yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut. Menurutnya, selain harus mengerti permintaan konsumen, seorang pengusaha harus bisa kreatif dan inovatif. “Jika ingin membuka lapangan pekerjaan, point utama adalah mengerti dengan bener apa mau konsumen. Selanjutnya terus berinovasi agar produk yang dijual laku dipasaran”.
“Kunci utama dalam pemasaran adalah kreatifitas. Itu mutlak diperlukan”, pungkas Marjoko. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart