Hidup Sehat Dengan Hidroponik
>
>
Hidup Sehat Dengan Hidroponik

DEMAK – Hidroponik merupakan salah satu cara menanam beragam tumbuhan tanpa media tanah. Dengan kata lain hidroponik sebagai suatu sistem budidaya tanaman pada media yang tidak menyediakan unsur hara dan unsur esensial yang diperlukan tanaman disediakan dalam bentuk larutan. Demikian diungkapkan praktisi hidroponik Kuswinaryo saat memberikan materi workshop hidroponik pengembangan kewirausahaan warga muhammadiyah. Kegiatan diselenggarakan pimpinan daerah muhammadiyah (PDM) kabupaten Demak (Ahad,17/11) bertempat di SMK Muhammadiyah 4 Mlatiharjo kecamatan Gajah. Kegiatan diikuti segenap keluarga besar warga muhammadiyah.
Kuswinaryo menambahkan ada 3 media yang dapat digunakan untuk menanam yaitu kultur air, kultur agregat dan media gas. Adapun bentuk bahan pupuk yang diberikan baik alami/organik atau kimia, karena tanaman menyerap dalam bentuk tanaman dirubah menjadi karbohidrat melalui proses fotosintetis. Karbohidrat dikonsumsi makluk hidup. Dijelaskan menanam dengan sistem hidroponik itu mudah, hasilnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita. Beragam tanaman dapat ditanam dengan sistem ini seperti kangkung, sawi, slada sampai buah melon pun dapat tumbuh dengan baik. Dan tidak membutuhkan tempat yang banyak yang penting terkena sinar matahari.
Ketua pimpinan daerah muhammadiyah kabupaten Demak Drs. Suali mengatakan kegiatan ini merupakan realisasi program dari bidang perekonomian. Dengan tujuan agar warga muhammadiyah memiliki tambahan pengetahuan bidang pertanian dan perekonomian. Semoga dengan bertambahnya ilmu tentang hidroponik, keluarga muhammadiyah dapat mempraktekkan menanam beragam sayuran dan buah, baik untuk konsumsi sendiri dan bila telah berlebih dapat digunakan untuk berbagi serta dijual untuk membantu menggerakkan ekonomi umat. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart