Pemkab Demak Bentuk Forum Pengurangan Resiko Bencana
>
>
Pemkab Demak Bentuk Forum Pengurangan Resiko Bencana

DEMAK – Jelang musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak membentuk Forum Pengurangan Resiko Bencana di Hotel Amantis, Rabu (20/11).
Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto dalam arahannya mengatakan pengurangan resiko bencana tidak hanya menjadi tanggung jawab BPBD, namun juga seluruh elemen masyarakat dan stakeholder terkait.
Menurutnya, upaya antisipasi penanggulangan bencana yang telah dilakukan ditujukan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari berbagai ancaman bencana.
”Semuanya harus dilaksanakan secara terencana, terpadu, terkoordinir, dan menyeluruh. Dibutuhkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan semua pihak guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana yang datangnya secara tiba-tiba,” kata Joko.
Melalui forum ini Joko berharap dapat terwujud masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana dan mengetahui ancaman bencana yang akan dihadapi. Saat-saat paling berharga adalah saat awal terjadinya bencana. Seluruh elemen masyarakat harus cekatan melakukan penanganan tanggap darurat pada jam pertama maupun hari pertama saat bencana terjadi.
”Bersama kita jalin koordinasi yang baik antara jajaran pemerintah maupun lembaga masyarakat, sehingga jika terjadi bencana dapat dilakukan penanggulangan yang cepat, optimal, dan efektif,” jelasnya.
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Demak Drs. Agus Nugroho LP. Berharap kepada peserta Forum Pengurangan Resiko Bencana ke depan akan menjadi mitra BPBD dalam mengelola resiko mulai dari prabencana, saat bencana dan pasca bencana.
”BPBD akan memperkuat peran dan posisi forum dengan memfasilitasi kegiatan pengurangan resiko bencana. Dan tidak menutup kemungkinan pihak lain juga akan ikut memfasilitasinya,” ujar Agus.
Agus berharap anggota forum memiliki kemampuan mandiri, adaptasi dan membiasakan diri mengurangi resiko bencana yang terjadi di wilayah Kabupaten Demak pada khususnya. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart