Pemkab Demak Canangkan Gerakan Indonesia Menabung (GIM)
>
>
Pemkab Demak Canangkan Gerakan Indonesia Menabung (GIM)

DEMAK – Gerakan Indonesia Menabung memiliki banyak nilai positif, utamanya dalam membiasakan generasi penerus kita untuk melakukan perencanaan keuangan sejak dini. Demikian disampaikan Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto saat pencanangan Gerakan Indonesia Menabung (GIM) di Pendopo Satya Bhakti Praja, Rabu (27/11).

“Kepada anak-anak semua bapak minta agar bisa menabung sejak dini, sisihkan sebagian uang saku kalian,” pesan Wabup kepada sejumlah siswa siswi SMP/MTs yang ikut kegiatan tersebut.
Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono,M.Kes saat memberikan motivasi kepada para siswa tersebut menyampaikan, menabung dan bersedekah pangkal kaya. “Kalau pergi ‘Besaran’ belinya celengan ya?,” ajak Sekda.
Disampaikan juga oleh Singgih bahwa ada beberapa hal yang harus dilakukan kalau ingin menjadi orang yang sukses. “Siapa yang ingin sukses?,” tanya Singgih kepada semua siswa yang hadir. Secara antusias anak-anak menjawab “ Saya saya saya”.
Kalau ingin sukses, lanjut Singgih, yang pertama kita harus sehat. “Jangan jajan sembarangan ya?,” ajak Singgih lagi.
Yang kedua, lanjut nya, kunci sukses adalah kaya. “Kalau ingin kaya kita harus rajin menabung dan bersedekah,” jelas Singgih.
Yang ketiga, terang Singgih, kalau ingin sukses harus punya hubungan baik dengan Tuhannya, baik terhadap orang tua, banyak kawan dan ikuti orang-orang yang sukses.
Kepala Bagian Perekonomian Setda Demak Edi Suntoro, SE melalui Ka. Sub Bag. Sarana Perekonomian Daerah dan Investasi Setda Demak Lilis Agustanti, S.Si., M.Kes menjelaskan, Gerakan Indonesia Menabung bagi para pelajar ini bekerjasama dengan Bank Jateng, BRI dan BNI.
Dalam keterangannya, gerakan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan budaya menabung sejak dini kepada pelajar di Demak.
“Para pelajar nantinya tidak usah repot-repot pergi ke Bank untuk menabung, tetapi pihak Bank akan datang ke sekolahan seminggu sekali untuk memfasilitasi anak-anak yang mau menabung. Kegiatan itu juga tidak akan mengganggu proses belajar mengajar karena sebelumnya tabungan diserahkan ke wali kelas secara kolektif. Dan oleh Wali kelas, tabungan tersebut baru diserahkan ke pihak Bank,” terangnya.
Diakuinya, program ini pasti diminati para pelajar karena tabungan SimPel bebas dari administrasi dan setoran minimal hanya sebesar lima ribu rupiah.
Ia menambahkan, pada kegiatan tersebut juga di selenggarakan Pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Demak.
Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala Sekolah SMPN/MTsN se Kabupaten Demak, Tim TPKAD Kabupaten Demak dan 200 siswa.
Kegiatan tersebut semakin meriah dengan diadakannya kuis berhadiah yang disponsori oleh Bank Jateng Cabang Demak, BRI dan BNI. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart