Pagelaran Tari Pada Festival Kali Tuntang Demak
>
>
Pagelaran Tari Pada Festival Kali Tuntang Demak

DEMAK – Dalam beberapa tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten Demak gencar membangun area publik di berbagai wilayah sebagai bentuk layanan publik kepada masyarakat. Seperti hutan kota mahesa jenar, taman bermain di bogorame dan beberapa tempat lainnya. Termasuk didalamnya menata ulang Kali Tuntang lama menjadi area publik yang kekinian. Dengan kerjasama dari seluruh OPD di Kabupaten Demak, Taman Kali Tuntang menjadi cantik dan bisa digunakan untuk tempat rekreasi keluarga yang murah, meriah, instagramable.
Salah satu usaha untuk melestarikan apa yang sudah dibuat, Pemerintah Kabupaten Demak menggelar festival Kali Tuntang di sepanjang sungai Jalan Kyai Singkil, Sabtu malam (30/11).
Penampilan Sungai Tuntang yang sangat instragamable menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Demak dan sekitarnya.
Anak-anak dari 21 Sekolah di Demak yang mempersembahkan berbagai macam tarian menjadikan Festival tersebut semakin meriah.
Bupati Demak HM. Natsir dalam sambutannya mengatakan Festival Kali Tuntang sekaligus sebagai sarana ekspresi seniman pelajar yang telah melakukan rangkai latihan. Mereka dilatih oleh seniman melalui program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) yang telah dicanangkan Direktorat Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Menurutnya, Indonesia merupakan negara yang memiliki berjuta hasanah budaya termasuk tari. “Gerakan seniman masuk sekolah menjadi bagian dari upaya nguri-uri budaya tari yang dimiliki Nusantara,” katanya.

Kedepan Natsir berharap GSMS dapat terus berlangsung di Kabupaten Demak. Semakin banyak sekolah yang ikut andil dalam gerakan ini. Sehingga semakin banyak pelajar yang mencintai kebudayaan asli Indonesia.
Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto, Sekda Demak dr. Singgih Setyono, M. Kes, Wakapolres Kompol Ahmadi, Forkopimda, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Demak, Eko Pringgolaksito dan pimpinan OPD. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart