Manajemen Keuangan Desa, Harus Transparan dan Akuntabel
>
>
Manajemen Keuangan Desa, Harus Transparan dan Akuntabel

DEMAK – Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M. Kes. berpesan kepada seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Karanganyar agar urusan keuangan desa diserahkan kepada Bendahara. Demikian disampaikan saat mengisi acara Bimbingan Teknis Manajemen Keuangan Desa Bagi Aparatur Pemerintahan Desa se-Kecamatan Karanganyar di Ballroom Hotel Griptha, Rabu (4/12).
” Jangan dikerjakan sendiri agar tidak menimbulkan kecurigaan bagi perangkat desa lainnya,” kata Singgih.
Begitu juga bendahara desa, lanjutnya, harus bisa dipercaya dalam membuat laporan keuangan. ”Harus transparan dan akuntable, ” tegas Singgih.
Sementara Camat Karanganyar Sugianto, S.IP., MM menjelaskan, para aparatur pemerintahan desa kini harus menguasai administrasi pembangunan, penyusunan peraturan desa, maupun APBDes. Mulai dari perencanaan, manajemen, hingga pengembangan sistem manajerial desa agar sektor pembangunan dapat merata.
Dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, terang Sugiyanto, hendaknya dapat bersinergi dengan Badan Permusyawaratan Desa, sekretaris desa, serta perangkat desa. “Bangun komunikasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dan pembinaan kemasyarakatan desa,” serunya.
Disampaikan, mengingat besarnya dana yang dialokasikan untuk desa, maka penyelenggaraan Pemerintahan Desa pun harus jelas dan transparan.
Melalui kegiatan tersebut Sugianto berharap para kepala Desa lebih berhati-hati, cermat, dan amanah dalam mengelola dana desa. ”Manfaatkan Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), serta Bantuan Keuangan Provinsi untuk pembangunan fisik dan non fisik, terutama untuk pemberdayaan masyarakat,” katanya.
Ia menambahkan, pengelolaan dana desa yang baik diharapkan bisa menekan angka kemiskinan, mengurangi pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Seperti jambanisasi, berbagai pelatihan ketrampilan, serta kegiatan lain yang tujuannya adalah untuk memberdayakan masyarakat desa.
Peserta pada Bintek tersebut adalah para Kades, Sekdes dan perangkat desa se-Kecamatan Karanganyar. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart