Pahami Mekanisme Tanggap Bencana Melalui Pramuka
>
>
Pahami Mekanisme Tanggap Bencana Melalui Pramuka

DEMAK – Gerakan Pramuka Kwarcab Demak menyelenggarakan kegiatan Perkemahan Kehumasan dan Kebencanaan Tingkat Kwartir Cabang Demak tahun 2019 di Sanggar Bhakti Pramuka Kwarcab Demak, Jum’at (27/12).
Kepala BPBD Kabupaten Demak Drs. Agus Nugroho LP saat membuka kegiatan tersebut membacakan sambutan Ketua Kwarcab Demak HM. Natsir.
Dalam sambutan tersebut Natsir mengaku sangat apresiatif atas diselenggarakannya kegiatan tersebut karena dapat memberikan informasi tentang komunikasi kehumasan dalam kegiatan di beberapa bidang atau unsur di Gerakan Pramuka, serta memahami tentang mekanisme tanggap bencana.
Disampaikan, Gerakan Pramuka Kwarcab Demak selama ini telah membentuk gerakan pramuka peduli. Banyak hal kepedulian yang telah dilakukan. Untuk itu Gerakan pramuka harus membentuk sikap kepedulian yang tinggi terhadap musibah dan bencana yang terjadi di sekitar.
”Jika kita terapkan pramuka peduli bencana, diharapkan banyak kader-kader pramuka berani turun langsung ke lapangan menjadi relawan,” katanya.
Dikatakan juga bahwa Gerakan Pramuka harus dapat membuktikan diri. Bahwa organisasi kepanduan tersebut mengedepankan pendidikan watak dan kepribadian, disiplin, kepemimpinan, menumbuhkan semangat jiwa patriotik, dan jiwa bela negara berdasarkan nilai-nilai yang terkandung dalam Dasa Darma Pramuka.
”Dengan adanya perkemahan ini, kakak harap dapat memberikan motivasi yang tinggi bagi adik-adik untuk dapat melaksanakan kegiatan nyata dan produktif. Sehingga kegiatan ini kelak akan dapat memberikan bekal bagi kehidupan dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara, sesuai aspirasi pemuda Indonesia,” pungkas dia.
Waka Kwarcab Bidang Humas Abdimas Arief Sudaryanto, S.Sos., M.Si. selaku Ketua penyelenggara menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan dan membekali Andalan Cabang, Andalan Ranting dan Pamong Saka dalam penyelenggaraan kehumasan dan tindak kebencanaan.
Arif mengatakan bahwa kegiatan dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang itu dilaksanakan mulai tanggal 27 sampai dengan 28 Desember di Halaman Sanggar Pramuka.
”Kami juga menghadirkan pemateri dari Kwarda Jawa Tengah, Pimpinan Kwarcab, BPBD, Dinpora serta TNI dan POLRI. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart