Instruksikan Pengelolaan Sampah Hingga Budaya Hidup Bersih di Tingkat Desa
>
>
Instruksikan Pengelolaan Sampah Hingga Budaya Hidup Bersih di Tingkat Desa

DEMAK – Bupati Demak HM. Natsir mengeluarkan instruksi tentang pengelolaan sampah, secara explisit tertuang pada Instruksi Bupati Demak nomor 3 tahun 2019 tentang pengelolaan sampah didesa. Hal ini terkait tindak lanjut Maklumat Kongres Sampah tahun 2019 pada tanggal 13/10 di desa Kesongo, Tuntang Kabupaten Semarang. Instruksi Bupati ditujukan pada Kepala Perangkat Daerah, pimpinan BUMN/BUMD, pimpinan perusahaan, Camat dan Kepala Desa se wilayah kabupaten Demak tertanggal 5 Desember 19.

Sementara isi dari instruksi meliputi tujuh point yang wajib dilaksanakan oleh jajaran pemerintahan Desa tentang pengelolaan sampah, antara lain pemerintah desa wajib menyediakan sarana pembelajaran, peningkatan kapasitas kelembagaan yang ada didesa, melibatkan lembaga pendidikan dalam mengelola sampah dan menanamkan budaya, perilaku hidup bersih dan sehat. Kemudian Pemerintah desa wajib melakukan gerakan pungut sampah dan membangun komitmen bersama masyarakat dalam pemanfaatan sampah.

Kewajiban lain yang harus dilaksanakan desa yakni mengurangi penggunaan makanan/minuman kemasan yang tidak ramah lingkungan dalam rapat atau jamuan pertemuan serta wajib membuat regulasi tentang pengelolaan sampah didesa. Instruksi yang telah diedarkan pada tiap instansi berlaku sejak tanggal ditetapkan. (kominfo)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart