Tinjau Lokasi Banjir, Gubernur Jateng Minta Warga Jaga Tanggul
>
>
Tinjau Lokasi Banjir, Gubernur Jateng Minta Warga Jaga Tanggul

DEMAK – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo meninjau lokasi banjir di Desa Trimulyo, Kecamatan Guntur, Senin (13/01/20). Dalam peninjauan tersebut, Gubernur didampingi langsung oleh Bupati Demak, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Jajaran Forkopimda, serta Para Kepala OPD. Seperti diketahui, banjir yang melanda beberapa desa di Kecamatan Guntur itu terjadi akibat jebolnya tanggul Sungai Tuntang beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan tersebut Ganjar meminta agar masyarakat dapat menjaga keberadaan tanggul dengan tidak memanfaatkan tanggul untuk lahan pertanian dan membuat pintu atau aliran air. “Tanggul harus terus dirawat dan dijaga, kalau ada rumput jangan dicabuti, biarkan tinggi agar dapat menahan air limpahan sungai jika meluap”, terang Ganjar.
Gubernur mengapresiasi masyarakat yang membantu menanggulangi dampak jebolnya tanggul Sungai Tuntang dengan cepat. Saat ini delapan ekskavator telah diterjunkan ke lokasi untuk menggarap tanggul semi permanen. Ganjar berharap pembuatan tanggul tersebut dapat mempercepat tindakan pencegahan.
Ganjar juga meminta tim Jaga Kali untuk segera dibentuk. Pembentukan Tim jaga kali dimaksudkan untuk berpatroli dan mengantisipasi kerusakan tanggul sungai dan yang menjadi penyebab utama banjir.
Selain meninjau sungai, Ganjar juga mengunjungi posko pengungsian di Kecamatan Guntur. Sekitar 250 warga bertahan di sana selama lima hari terakhir, setelah rumahnya diterjang banjir. Dalam kesempatan tersebut, Ganjar mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan, apabila ada yang dirasa sakit dapat langsung lapor pak Lurah agar dapat segera diatasi. (*Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart