Sukseskan Sensus Penduduk 2020, Pemkab dan BPS Demak Gelar Rakor
>
>
Sukseskan Sensus Penduduk 2020, Pemkab dan BPS Demak Gelar Rakor

DEMAK – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Demak menggelar Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 di Gedung Grhadika Bina Praja, Kamis (13/2). Acara tersebut dihadiri Bupati Demak, HM. Natsir, Wakil Bupati Demak, Jajaran Forkopimda Kabupaten Demak, Para Kepala OPD, serta Camat se Kabupaten Demak.
Bupati Demak HM. Natsir mengatakan Sensus penduduk yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali memiliki tujuan yang sangat strategis yaitu menghasilkan data dasar kependudukan yang sangat bermanfaat bagi perencanaan pembangunan. Maka dari itu, ia meminta peran aktif seluruh komponen masyarakat guna mensukseskan sensus penduduk 2020.
“Keterlibatan seluruh komponen merupakan point penting kesuksesan sensus. Maka, saya minta seluruh hadirin bisa mensupport. Terutama saat sensus online pada 15 Februari hingga 31 Maret.”, tutur Bupati.
Hal senada disampaikan Kepala BPS Kabupaten Demak, Sapto Harjuli Wahyu, S.Si. Ia meminta dukungan masyarakat Demak agar sensus penduduk 2020 bisa berjalan lancar dan sukses.
“Saya berharap seluruh warga Demak berperan aktif dalam Sensus Penduduk 2020. Harapan saya, petugas sensus kami bisa diterima dengan baik. Masyarakat bisa memberikan data kependudukan dengan sebenarnya.”, tuturnya
Sapto Harjuli Wahyu, S.Si. mengatakan sensus penduduk dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 tahun 1997 tentang Statistik, serta Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik. Sensus penduduk 2020 merupakan penyelenggaraan kegiatan pendataan lengkap seluruh Indonesia yang ke tujuh sejak tahun 1961 yang bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran, dan karakteristik penduduk Indonesia, sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah.
Dalam pelaksanaannya sensus penduduk 2020 dilaksanakan dua periode. Yakni Sensus online melalui website sensus.bps.go.id pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020, serta sensus wawancara pada Juli 2020. Adapun tujuan utama dari menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia, serta guna menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk. (Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart