Pentingnya Lesson Study Di Era 4.0 (Four Point Zero)
>
>
Pentingnya Lesson Study Di Era 4.0 (Four Point Zero)

DEMAK – Sebanyak 150 kalangan pendidik mengikuti seminar nasional dengan tema Penguatan Lesson Study dan Konseling Anak dalam Rangka Implementasi Merdeka Belajar Era 4.0 di gedung Grhadika Bina Praja, Kamis (20/2). Acara yang menghadirkan narasumber Ketua Tim Pengembang Lesson Study Indonesia, Sumar Hendayana, Ph.D dari Universitas Pendidikan Indonesia serta Dr. Santoso, M.Pd yang merupakan dosen bimbingan konseling dari Universitas Muria Kudus tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Demak, Drs. Djoko Sutanto.
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Demak mengungkapkan di era revolusi industri 4.0 (four point zero) sangat penting untuk diperhatikan karena merubah pola kehidupan manusia. Di mana tugas sebagian manusia digantikan dengan alat, salah satunya gadget. “HP android sudah menggantikan tugas manusia. Jika kita butuh informasi, pesan makanan, kita tinggal gunakan aplikasi android, selesai masalah, “ungkapnya.
Wabup berharap agar di era revolusi industri 4.0 (four point zero), para pendidik dapat menyesuaikan diri, kreatif dan inovatif. Manfaatkan teknologi yang ada dan yang terpenitng adalah melakukan pendekatan kepada siswa, sehingga siswa bisa memahami dan memanfaatkan teknologi untuk hal-hal positif yang mendukung proses belajar mereka. ”Libatkan siswa dalam setiap metode pembelajaran, guru harus mampu menjadi sahabat siswa, bukan zamannya lagi seorang guru bersikap otoriter dan menjadi diktator,” pungkasnya.
Sementara itu Ketua Tim Pengembang Lesson Study Indonesia, Sumar Hendayana, Ph.D memberikan materi dengan tema “lesson study untuk merdeka in action melalui komunitas belajar di sekolah”. Ini merupakan sistem aktivitas belajar pendidik profesional untuk meningkatkan mutu pembelajaran berkelanjutan dengan memberdayakan komunitas belajar di sekolah. Lesson study berisi aktivitas siswa di kelas, dengan asumsi bahwa aktivitas siswa saling terkait dan berhubungan dengan aktivitas guru selama mengajar di kelas. “Kami percaya bahwa lesson study tidak hanya dibatasi sebagai strategi pembelajaran utama di kelas dan pembaruan sekolah, tapi hal ini akan berpengaruh terhadap level yang lebih luas dan tinggi, yakni kurikulum nasional, “jelasnya. (Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart