Bupati Demak Tinjau Tes CPNSD
>
>
Bupati Demak Tinjau Tes CPNSD

DEMAK – Bupati Demak, HM Natsir didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Demak dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak meninjau 1600 pelamar yang mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Jum’at (21/02/20). Kegiatan yang digelar di Kampus Universitas Negeri Semarang (UNNES) gedung G ini merupakan salah satu rangkaian seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) tahun 2020.
Sebanyak 11.835 pelamar berusaha untuk mengisi 449 formasi yang dibuka oleh Pemerintah Kabupaten Demak pada tahun 2020 ini. Dari jumlah tersebut, 8957 orang lolos untuk mengikuti tes SKD yang digelar pada 21 – 25 Februari 2020. Dalam pelaksanaanya, pelamar akan mengikuti test dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Melalui sistem ini, pelamar akan langsung mengetahui hasil dari tahapan SKD. Jika lolos, pelamar akan lanjut ke tahap selanjutnya, yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).
Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Demak, Hadi Waluyo, SH, M.Pd menuturkan bahwa dalam test SKD ini, pelamar akan mengerjakan 100 soal yang dibagi dalam 3 (tiga) kriteria. “Berdasarkan PermenpanRB nomor 24 tahun 2019, test SKD dibagi dalam 3 kategori. Yakni tes karakteristik pribadi (TKP), tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan tes Intelegensia Umum (TIU)”.
Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa TWK diujikan kepada peserta CPNS untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan Bahasa Indonesia. Sedangkan, TIU sebagai cara menilai tiga kemampuan peserta, yaitu kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan figural. Adapun TKP merupakan psikotes. (Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart