Produk Unggulan Khas Demak Ditampilkan Saat HUT Dekranasda Ke-40
>
>
Produk Unggulan Khas Demak Ditampilkan Saat HUT Dekranasda Ke-40

DEMAK – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) merayakan Hari Ulang Tahunnya yang ke-40 di Pendopo Kabupaten Demak dengan acara potong tumpeng oleh Wakil Ketua I Dekranasda yang diserahkan kepada Pembina Dekranasda dan Ketua Harian, Kamis (5/3). Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Demak, HM. Natsir, Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, Wakil ketua I dan II Dekranasda Kabupaten Demak, serta para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Demak.

Dalam acara tersebut menampilkan persembahan Tari Gebyar Batik dari Sanggar Padma Baswara Kadilangu. Batik yang dikenakan para penari merupakan batik khas Demak.

Bupati Demak, HM. Natsir mengatakan terdapat empat sektor unggulan yang menjadi penopang kemajuan Kabupaten Demak, yakni sektor pertanian, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pariwisata, dan kelautan perikanan.  Beberapa sektor tersebut perlu ditingkatkan  karena memegang peranan yang penting dan efektif serta mendorong roda perekonomian.

“Perkembangan UMKM kriya atau kerajinan masih perlu ditingkatkan lagi. Upaya yang dapat kita lakukan agar produk kriya makin maju dan berkembang adalah harus menguasai produk, marketing dan permodalan, serta yang paling utama adalah niat dan semangat untuk mengembangkan produk kriya Kabupaten Demak.” jelas Bupati.

Sementara itu dalam sambutan Ketua Dekranasda Kabupaten Demak, Hj. Suntari Natsir yang dibacakan oleh Wakil Ketua I Dekranasda Kabupaten Demak, Hj. Eni Joko Sutanto, mengatakan Dekranasda sebagai organisasi non profit yang bergerak di bidang kriya atau kerajinan. Masih banyak masyarakat yang belum mau bergerak di bidang kriya atau kerajinan. Untuk itu menjadi kewajiban bersama untuk dapat menggali dan mengembangkan potensi yang ada di Kabupaten Demak.

“Bagi para pelaku kriya, terus kembangkan kemampuan, selalu berinovasi, dan lakukan promosi produk di berbagai media. Jejaring sosial ini akan memperluas kesempatan kita untuk memperkenalkan produk kriya Kabupaten Demak.” ungkapnya.

Ketua Dekranasda berharap berbagai potensi yang dimiliki oleh pelaku UMKM mendapat wadah promosi dan pengembangan pasar, agar usaha menjadi lebih berkembang maju. Di mana tidak hanya masyarakat Demak saja yang mengenali produk, akan tetapi dikenal juga oleh masyarakat di luar Kabupaten Demak, bahkan sampai tingkat nasional maupun internasional.

Pada kesempatan tersebut Bupati Demak meninjau stand yang menampilkan produk kriya show, di antaranya produk batik khas Demak, tas aqilla, zem silver, tas sulam pita, tas rajut, tas smoke, serta kacamata sokotatal. (Protokol dan Komunikasi Pimpinan).

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart