Peraturan Desa Berkualitas Cerminan Tata Kelola Pemerintahan Efektif, Efisien, dan Akuntabel
>
>
Peraturan Desa Berkualitas Cerminan Tata Kelola Pemerintahan Efektif, Efisien, dan Akuntabel

DEMAK – Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa menyebutkan desa memiliki kewenangan yang bersifat otonom untuk mengatur rumah tangganya sendiri. Guna mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik maka perlu dibentuk peraturan desa. Untuk itu Pemkab Demak melalui Bagian Hukum Setda Kabupaten Demak menyelenggarakan kegiatan pembekalan materi penyusunan peraturan perundang-undangan kepada perangkat desa Kecamatan Sayung di Ballroom Wakil Bupati, Selasa (7/4).

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Demak, HM. Natsir, Wakil Bupati Demak, Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, sertaPerangkat Desa se-Kecamatan Sayung. Bupati Demak, HM. Natsir mengatakan Dalam mewujudkan reformasi birokrasi dan kepemerintahan yang baik diperlukan aparatur yang berkompeten dan berkualitas. Aparatur pemerintahan desa harus bisa menguasai administrasi pembangunan dan menyusun peraturan desa maupun APBDes, mulai dari perencanaan, manajemen, hingga pengembangan sistem manajerial desa agar sektor pembangunan merata.

“Pahami produk-produk hukum yang ada, agar lebih mudah dalam penyusunan rancangan peraturan desa yang berkualitas. Hal ini sangat penting agar tidak terjadi disharmonisasi peraturan perundang-undangan. Peraturan desa yang berkualitas merupakan cerminan tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien dan akuntabel”. Jelas Bupati.

Sementara itu, Wakil Bupati Demak, Drs. Joko Sutanto menambahkan terkait pencegahan penyebaran virus corona (covid-19), untuk menghimbau masyarakat agar tetap waspada dan menjaga kesehatan. Joko meminta untuk mengalokasikan dana desa  guna membeli bahan untuk dijadikan masker. Namun juga perlu waspada dan kehati-hatian dalam penggunaan dana desa.

“Alokasikan dana desa untuk membuat masker secara masal dan bagi-bagikan kepada warga. Penggunaan masker sekarang ini penting untuk mencegah penularan covid-19”. Jelas Joko. (Protokol dan Komunikasi Pimpinan).

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart