Ramadhan Masjid Agung Demak Selenggarakan Tarawih
>
>
Ramadhan Masjid Agung Demak Selenggarakan Tarawih

DEMAK – Takmir Masjid Agung Demak merencanakan sholat tarawih di bulan Ramadhan nanti. Dalam pelaksanaan sholat tarawih tidak seperti biasanya namun dengan menyingkat waktu. Yang biasanya membaca bacaan ayat panjang namun dimasa pandemi akan dipersingkat dengan ayat pendek. Hal tersebut terungkap dalam rapat yang diselenggarakan takmir masjid heberapa waktu lalu.

Rapat yang digelar takmir dihadiri unsur MUI Demak, NU, PCNU, Rois syuruah NU dam tokoh prnting lainya di kantor takmir setempat. Hasil keputusan rapat menyebutkan untuk pelaksanaan sholat tarawih di Masjid Agung Demak tetap diselenggarakan pada masa pandemi Covid-19. Namun demikian tetap menerapkan protokol kesehatan Covid sebagaimana pelaksanaan sholat jumat yang sudah berjalan.

M. Harso takmir MAD saat dihubungi Senin (20/4) mengatakan ” Pihak takmir telah menyiapkan Satgas protokol kesehatan di Masjid Agung Demak dengan melibatkan Dinas kesehatan, Puskesmas, Polres, Kodim, Satpol PP, Banser dan relawan yang nantinya hertugas memeriksa kesehatan jamaah sholat” jelasnya.

Jamaah wajib patuhi aturan

Ditambahkan M. Harso meski tetap dilakukan shalat tarawih namun jamaah wajib mentaati aturan yang diberlakukan terkait protokol kesehatan Covid-19. Kendati demikian, hasil keputusan rapat tersebut tidak mewajibkan untuk pelaksanaan sholat tarawih di masjid masjid maupun mushola se-Kabupaten Demak.

” Menyangkut teknis sholat tarawih juga akan dipersingkat waktunya dengan bacaan ayat ayat pendek. Sedangkan biasanya menggunakan bacaan ayat al qur’an satu juz, sehingga 30 juz selama ramadlan mencapai satu Al Quran” pungkas Harso.

Meskipun nantinya ada larangan dari pihak berwenang dalam hal ini Pemerintah jika kondisinya lebih memburuk pihak takmir tetap menyelenggarakan sholat tarawih meskipun hanya dilakukan oleh dua orang dari internal Masjid. Hal ini dimaksudkan agar sholat tarawih tetap ada dan terlaksana di Masjid buatan Wali Songo tersebut.( rudy).

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart