Bansos Jaring Pengaman Sosial Diluncurkan Bantu Warga Terdampak Covid
>
>
Bansos Jaring Pengaman Sosial Diluncurkan Bantu Warga Terdampak Covid

DEMAK – Bupati Demak HM. Natsir secara simbolis memberangkatkan armada bantuan Jaring Pengaman Sosial ( JPS) dari APBD kabupaten, Rabu (13/5) di halaman pendopo Kabupaten. Bantuan yang disalurkan melalui JPS tersebut sebanyak 29.500 paket sembako untuk masyarakat kurang mampu dan terdampak Covid-19.
Bantuan sebanyak 29.500 paket sembako yang berisi beras, mie instan, kecap dan susu yang didistribusikan menggunakan 28 truk yang akan menuju ke desa se kabupaten Demak. Adapun penyaluran bantuan jaring pengaman sosial ke 249 desa/ kelurahan ini dilakukan bertahap hingga 3 hari kedepan.

Sebelum melepas armada bupati HM Natsir menyampaikan, ” dibulan suci ramadhan ditengah pandemi covid-19 kepedulian sosial antar sesama sangat dibutuhkan. Dan program ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara merata diantaranya adalah dengan memberikan bantuan bagi masyarakat tidak nampu” ujar bupati.

“Saya minta kepada tim yang terlibat untuk dapat bersinergi dan selalu aktif melakukan koordinasi dan komunikasi dalam penyaluran bantuan sesuai dengan pembagian wilayah masing masing. Bagaimanapun juga penanganan wabah corona serta dampaknya menjadi tanggung jawab kita bersana”. Tambahnya.

Beragam bantuan

Turut hadir dan mendampingi bupati unsur forkopimda dan kepala OPD.
Kepala dinsosP2PA Eko Pringgo laksito pada kesempatan tersebut menyampaikan, ” Untuk bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang kita salurkan hari ini diperuntukan bagi 29.500 KK beruoa paket sembako, dengan banyaknya bantuan yang dikucurkan bertujuan agar warga yang terdampak Corona bisa tetap terpenuhi kebutuhan pokoknya ” kata Eko Pringgo.

Ditambahkanya selain JPS juga telah disalurkan kepada 94 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) beserta data perluasan ( penambahan) sebanyak 41 ribu KPM yang sudah bisa akses sembako.
“Kemudian ada 53 ribu KK dari Program Keluarga Harapan (PKH). Untuk PKH yang sebelumnya pencairan tiga bulan sekali sekarang dipercepat satu bulan sekali sehubungan adanya pandemi Covid-19.
Adapun bantuan dari kementrian Sosial dari program Bantuan Sosial Tunai sejumlah 23 ribu KK dan sudah turun melalui virtual acount sebanyak 5 ribu KK. Untuk sisanya 18 ribu KK melalui PT Pos dalam minggu ini dengan mendapatkan uang sebesar Rp 600 ribu ” jelasnya.

Eko pringgo berharap bantuan sosial tersebut mampu mengcover masyarakat yang terdampak covid 19. “Bantuan ini bagi warga yang terdampak corona dan mengakibatkan warga jatuh miskin karena kehilangan pekerjaan dan lain sebaginya. Dan mereka jangan sampai ada kesulitan untuk memenuhi kebutuhan ,” imbuhnya. (kominfo)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart