Indeks Kepuasan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Demak Tahun 2019
>
>
Indeks Kepuasan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Demak Tahun 2019
  1. Semester I

Survei Kepuasan Masyarakat ( SKM ) adalah pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik.  Dasar dari pelaksanaannya SKM ini adalah  Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Survey Kepuasan Masyarakat  semester 1 tahun 2019 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak dilaksanakan di 42 PD .

Bagian Organisasi Setda Kabupaten Demak berkoordinir dengan Perangkat Daerah untuk  membagikan kuisioner dengan 9 pertanyaan yang harus diisi oleh para pengguna layanan pada PD tersebut. Ke-sembilan pertanyaan yang harus diisi para pengguna layanan meliputi,     1) Persyaratan, 2) Prosedur, 3) Waktu pelayanan, 4)Biaya / Tarif, 5)Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan,  6)Kompetensi Pelaksana, 7)Perilaku Pelaksana, 8)Penanganan Pengaduan, saran dan masukan pelayanan, 9)Sarana dan Prasarana. Dari penghitungan hasil pengisian kuisioner setelah diolah akan menghasilkan  Indeks Kepuasan Masyarakat pada Perangkat Daerah yang bersangkutan.

Dari hasil rekapitulasi  Indeks Kepuasan Masyarakat Perangkat Daerah se-Kabupaten Demak,  Indeks Kepuasan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Demak adalah, 83,43 dengan kategori baik.  . Unsur tertinggi dalam Survey Kepuasan Masyarakat tahun 2019 semester 1 adalah pada unsur Kejelasan / kesesuaian biaya pelayanan  yakni sebesar 3,60 . Hal ini disebabkan dalam seluruh layanan yang diberikan beban biaya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Tidak ditemukannya pembebanan biaya pada pengguna layanan  kecuali itu memang sudah ditentukan oleh undang-undang.  Sedangkan unsur terendah adalah pada persyaratan  yakni sebesar 3,29. Persyaratan yang harus dipenuhi sudah sesuai dengan yang ditetapkan  dalam Standar Pelayanan. Namun demikian, tetap menjadi kendala dari beberapa penguna layanan sehingga mendapatkan nilai yang terendah dibanding unsur yang lain.

  • Semester II

Sedangkan dari hasil rekapitulasi  Indeks Kepuasan Masyarakat Perangkat Daerah se-Kabupaten Demak, semester 2  2019.  Indeks Kepuasan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Demak adalah, 83,73 dengan kategori baik.  . Unsur tertinggi dalam Survey Kepuasan Masyarakat tahun 2019 semester 2 adalah pada unsur Kejelasan / kesesuaian biaya pelayanan  yakni sebesar 3,57 turun 0,03 dari semester 1 . Sedangkan unsur terendah adalah pada waktu pelayanan yakni sebesar 3,29. Waktu pelayanan yang dirasa para pengguna layanan masih terlalu lama dalam proses penyelesaiannya. Sehingga mendapatkan nilai yang terendah dibanding unsur yang lain.

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart