Ciptakan TPS Bebas Penyebaran Covid-19, Ribuan KPPS Jalani Rapid Test
>
>
Ciptakan TPS Bebas Penyebaran Covid-19, Ribuan KPPS Jalani Rapid Test

DEMAK – Pelaksanaan pilkada bupati dan wakil bupati Demak yang akan dilaksanakan 9 Desember mendatang ditengarai masih ditengah pandemi covid-19. Untuk menciptakan suasana aman dan terbebas dari penyebaran virus korona, KPU Pusat hingga daerah memberlakukan protokol kesehatan dengan ketat saat pelaksanaan pemungutan suara.

Hal tersebut juga dilakukan oleh KPU kabupaten Demak dalam menjamin pemilih dan petugas TPS terbebas dari Virus korona. Bagi petugas TPS atau KPPS pihak KPU Demak mewajibkan mereka untuk menjalani rapid test sebagai antisipasi dan kepatuhan pada ketentuan protokol kesehatan.

” Dikabupaten Demak ada 19.856 personel KPPS termasuk petugas ketertiban TPS pada Pilkada tahun ini. Dan mereka saat ini sedang menjalani rapid test secara bertahap, sebab jumlah pelaksana rapid test terbatas” Kata Hastin Atas Asih komisioner KPU.

” Karena jumlah KPPS dan Linmas ribuan sehingga tidak mungkin selesai dalam waktu pendek maka dilakukan mulai tanggal 8 November hingga 23 November 2020. Setiap harinya kurang lebih 500 petugas menjalani rapid test di balaidesa sesuai klaster masing masing desa dan kelurahan. Sedangkan pelaksana rapid test dari Dinas Kesehatan dan RSI NU Demak,” Jelas Hastin, Minggu ( 15/11/20).

Lebih lanjut Hastin menyampaikan apapun hasil rapid test tersebut tidak mempengaruhi status KPPS maupun linmasnya. Jika hasilnya ada yang reaktif, tentu diharuskan isolasi mandiri selama 14 hari.

Sementara Awaludin Jamil petugas KPPS Kauman Bintoro mendukung program tersebut, sebab nantinya antar petugas dalam satu TPS pasti melakukan kontak langsung dan berinteraksi juga dengan pemilih.
” Sesuai dengan ketentuan dari KPU untuk pemilih wajib memakai masker, tidak diperkenankan membawa anak kecil, mensterilkan tangan serta dicek suhu tubuhnya sebelum masuk TPS dan memakai sarung tangan karet yang disediakan oleh petugas” Jelasnya. (Kominfo/rd) .

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart