Dukung Literasi, Bupati Demak Resmikan TBM
>
>
Dukung Literasi, Bupati Demak Resmikan TBM

DEMAK – Bupati Demak HM Natsir meresmikan Taman Baca Masyarakat (TBM) di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Demak, Senin (16/11/20).

Peresmian disaksikan Kepala Dindikbud Eko Pringgolaksito, Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Afida Aspar serta jajaran PAUD dan PNF.

Kasi Sarana dan Prasarana PAUD dan PNF, Suwito mengatakan, minat baca di Kabupaten Demak masih dalam kategori rendah terutama anak-anak. TBM akan menjadi alternatif sebagai pusat belajar dalam rangka meningkatkan minat membaca anak-anak serta mensukseskan Kabupaten Demak sebagai Kabupaten Literasi dan Budaya Baca.

Sementara itu, Kabid PAUD dan PNF Afida Aspar menyampaikan, TBM memiliki 3 layanan yaitu widya-pustaka, widya-loka dan widya-budaya. Widya-pustaka merupakan layanan penyediaan referensi kepustakaan tulis dan non tulis seperti buku, teks, buku popular, dan buku pengetahuan popular, serta berbagai rekaman dengan bermacam-macam media. Widya-loka penyediakan layanan sarana untuk melaksanakan diskusi, bedah buku, sarasehan dan sebagainya. Widya-budaya merupakan wadah untuk menuangkan ide-ide dan mengasah bakat masyarakat, seperti menulis, teater, tari, dan membatik.

“Ketiga layanan yang Taman Baca Masyarakat (TBM) sediakan bertujuan untuk menunjang aktifitas belajar masyarakat agar merasa nyaman saat datang ke TBM”, ungkap Afida.

Afida menambahkan, “TBM juga memiliki program-program pembelajaran kreatif untuk meningkatkan minat baca anak diantaranya program parenting, sekolah menulis, praktek buku, sekolah mitra, mengenal reptile, pelayanan peminjaman buku, menulis mimpi, membungkus kado, membuat origami, membaca cepat dan memahami isi. Pembelajaran kreatif ini diharapkan dapat mempengaruhi motivasi anak untuk membaca”.

Dalam sambutannya Bupati Demak HM Natsir menyampaikan, membaca sangat penting dalam kehidupan masyarakat yang semakin kompleks, sehingga kemampuan membaca menjadi tuntutan. Salah satu upaya peningkatan sumber daya manusia yaitu dengan mendorong tumbuhnya minat belajar masyarakat, dan salah satu ciri terpenting dari masyarakat terpelajar adalah tingginya minat dan kegemaran membaca.

Pihaknya berharap TBM Demak dapat menjadi pusat sumber ilmu yang memiliki peran strategis untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki minat dan berbudaya baca (reading society). (Kominfo/ist)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart