Terlambat Penyampaian LPPDK Berdampak Pembatalan Paslon
>
>
Terlambat Penyampaian LPPDK Berdampak Pembatalan Paslon

Demak- Pesta Demokrasi Pemilihan Kepa la Daerah Bupati dan Wakil Bupati Demak hanya tinggal menghitung hari, tepatnya tanggal 9 Desember depan yang diikuti dua pasangan calon yang sudah ditetapkan. Meskipun demikian kedua pasangan calon tersebut dapat diberikan sanksi administrasi berupa pembatalan sebagai pasangan calon. Sanksi tersebut dapat diberikan oleh KPU Demak apabila paslon terlambat menyampaikan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanya (LPPDK).

Hal tersebut diungkapkan ketua divisi Hukum dan Pengawasan KPU Demak Hastin Atas Asih saat menyampaikan materi bimbingan teknis pelaporan dana Kampanye di aula ll KPU, Kamis ( 19/11/20). Acara yang sebelumnya dibuka oleh ketua KPU Bambang Setya Budi dihadiri Liasion officer ( LO), tim kampanye seluruh paslon, Bawaslu Demak dan Anggota KPU.

Hastin menyampaikan ketentuan pembatalan tersebut tercantum dalam pasal 54 PKPU 5 tahun 2017 tentang dana kampanye peserta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali kota dan Wakil Wali kota sebagaimana telah diubah dengan PKPU dengan nomor 12 tahun 2020 yang berbunyi ‘ pasangan calon yang terlambat menyampaikan LPPDK kepada KPU Propinsi/ KIP Aceh atau KPU/ KIP kabupaten/ kota sampai batas waktu yang ditentukan sebagaimana diatur dalam pasal 34 ayat (1) dan ayat (2) dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai pasangan calon’.

Hastin juga menjelaskan bahwa penyampaian LPPDK kepada KPU Demak telah dijadwalkan pada tanggal 6 Desember 2020 atau tiga hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara. Dan penyampaian pelaporan diserahkan paling lambat pukul 18.00 wib.

” Penyampaian LPPDK dilakukan secara online melalui aplikasi SIDAKAM dan Submit sebagai kata kunci bahwa paslon tersebut sudah melaporkan LPPDK. Jadi waktu submit itulah yang menjadi kunci apakah paslon terlambat atau tidak dalam pelaporan” jelas Hastin.

Lebih lanjut Hastin mengatakan apabila terlambat 1 menit saja menyampaikan laporan tetap fatal akibatnya dan regulasi yang menjelaskan. (Kominfo/ rd)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart