Syrup ‘Sirahe Bolomu’ Tingkatkan Kekebalan Tubuh
>
>
Syrup ‘Sirahe Bolomu’ Tingkatkan Kekebalan Tubuh

DEMAK – Sebagai salah satu program life skill, PKBM Mukti Utama Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah mengadakan pelatihan membuat sirup jahe.
Pelatihan yang diikuti oleh warga belajar Paket B dan Paket C itu, juga diperuntukan bagi anggota PKK Desa Karangsari serta warga sekitar.

Ari Widodo Ketua PKBM Mukti Utama menyatakan bahwa pelatihan membuat sirup jahe itu sebagai bagian dari program life skill dari PKBM Mukti Utama untuk memberikan pelayanan pendidikan kecakapan hidup kepada warga belajar.
“Pelatihan ini sebagai bekal warga belajar agar memiliki keterampilan dan pengetahuan sebelum memasuki dunia kerja maupun berwirausaha,” kata Widodo.
“Sirup jahe ini kita beri nama Sirahe Bolomu artinya sirup jahe bolo Mukti Utama,” jelasnya sambil tersenyum.

Pelatihan yang dipusatkan di sekretariat PKBM yang terletak di Dukuh Gebyok Desa Karangsari itu dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan.
Para peserta selain harus mencuci tangan, juga diwajibkan memakai masker dan menjaga jarak. Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari, yakni Sabtu – Minggu (21-22/11/2020) menghadirkan narasumber teknis Nusrotul Amanati Ketua Kompetensi Keahlian Tata Boga SMKN 1 Sayung.
Adapun bahan baku sirup yakni, jahe, gula,serei, daun pandan , kayu manis dan air.

Adapun cara membuatnya juga mudah, jahe dibersihkan lalu potong kecil-kecil dan disangrai. Setelah itu diblender dengan air dan diperas menggunakan kain bersih untuk mendapatkan sari jahe.
Tahap selanjutnya rebus sari jahe bersama gula serta bahan lainnya hingga mendidih. Diamkan selama 5 menit kemudian ulangi proses perebusan hingga 2 kali. Setelah sirup jahe jadi,dinginkan dan masukan kedalam botol yang telah disterilkan. Sirup jahe pun siap dinikmati.

“Sirup jahe ini bagus untuk kekebalan tubuh. Kandungan rempahnya bisa membantu memperkuat dan meningkatkan sistem imun,sehingga dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit, termasuk serangan virus corona. Dan bagi yang berminat untuk membeli bisa langsung menghubungi PKBM Mukti Utama”, Ujar Nusrotul Amanati. (Kominfo/rd).

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart