Tuntaskan Penanganan ATS Melalui ‘Ayo Sekolah Kembali’
>
>
Tuntaskan Penanganan ATS Melalui ‘Ayo Sekolah Kembali’

DEMAK – Untuk menuntaskan penanganan anak tidak sekolah di Kabupaten Demak, sangat penting diperlukannya kerja sama antar berbagai pihak. Untuk menangani masalah tersebut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak membuat program ‘Ayo Sekolah Kembali’.

“Kami menganggarkan alokasi sesuai jenjang pendidikan PAKET A, PAKET B dan PAKET C melalui program ‘Ayo Sekolah Kembali’, diharapkan melalui program ini dapat menuntaskan penanganan anak tidak sekolah (ATS) dan Anak Berisiko Putus Sekolah (ABPS)”, Jelas Plt Kadindikbud Eko Pringgolaksito dalam sambutannya pada Sosialisasi Anak Tidak Sekolah (ATS) dan Anak Beresiko Putus Sekolah (ABPS) di Aula Budi Utomo Dindikbud, Selasa (8/12/20).

Hadir pada kegiatan tersebut Plt. Kadindikbud Eko Pringgolaksito, Kabid Pembinaan SD dan SMP Ridwan, Ka. Sub. Program Dwi Isnaini Saparyati serta seluruh pengawas SD dan SMP, dan Pemilik PAUD, DIKMAS Se-Kabupaten Demak.

Dijelaskan, untuk memenuhi standar pelayanan minimal di Pemkab Demak Dindikbud sudah mengalokasikan anggaran anak tidak sekolah melalui APBD dengan kegiatan ‘Ayo Sekolah Kembali’ untuk membantu masyarakat agar bisa bersekolah kembali.

Ka. Sub. Program Dwi Isnaini Saparyati Selaku Ketua Tim Pelaksana Penanganan Anak Tidak Sekolah (ATS) menyampaikan, intervensi penanganan dilakukan berdasarkan penyebabnya. Untuk ATS dengan penyebab karena ekonomi, Pemkab Demak menyediakan beasiswa ‘Ayo Sekolah Kembali’ dengan rincian jenjang PAUD 750 ribu, jenjang SD 1 juta, jenjang SMP 1,5 juta dan jenjang SMA 2 juta.

Dwi menambahkan, pendataan anak tidak sekolah berdasarkan (penyebab) dapat melaporkan melalui aplikasi siedik dengan alamat https://siedik.demakkab.go.id. Diterangkan pula, bantuan beasiswa diberikan pada anak usia 5-18 tahun. Hal tersebut berdasarkan PP Nomor 2 tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Permendagri Nomor 100 Tahun 2018 tentang SPM, anak usia 5-18 tahun harus sekolah 100%.(kominfo/ist)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart