Tahun 2019 Demak Harus Bersih
>
>
Tahun 2019 Demak Harus Bersih

DEMAK – Tahun 2019 Demak harus bersih. Hal itu terungkap saat Bupati Demak HM. Natsir membuka Rapat Koordinasi dalam rangka menghadapi Siaga Darurat Bencana Banjir dan Angin putting beliung musim hujan Tahun 2018 tingkat Kabupaten Demak di Ghardika Bina Praja Kabupaten Demak, Senin (12/11).
“Mari kita jaga lingkungan kita agar tetap bersih,” ajaknya. Ia menjelaskan, sesuai prakiraan cuaca dari BMKG bahwa bulan Oktober kemaren sudah memasuki musim hujan dan puncak curah hujan yang tertinggi bulan Nopember sampai dengan Pebruari 2018. Dan dalam rangka menghadapi musim hujan tersebut, Pemerintah Kabupaten Demak menetapkan Siaga Darurat Bencana Banjir dan angin puting beliung terhitung mulai 1 Nopember sampai 31 April 2018.
Lebih lanjut Natsir memaparkan bahwa banjir memang terjadi karena faktor alam. Namun tak bisa dipungkiri juga jika faktor manusia semakin memperparah kondisi tersebut. Apakah kita sadar jika kelakuan kita yang tanpa disadari bisa menimbulkan bencana. Oleh sebab itu, perlu adanya kesadaran dari diri kita untuk mencegah banjir.
“Mencegah banjir bisa dimulai dari diri sendiri, caranya antara lain, tidak membuang sampah sembarangan, membuat fungsi aliran air menjadi semestinya dan menanam pohon,” terangnya.
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Demak Drs. M. Agus Nugroho LP menambahkan, Secara geografis, Kabupaten Demak termasuk daerah hilir yang setiap musim hujan teraliri air dari daerah lain di wilayah hulu. Dan permasalahan klasiknya air tersebut meninggalkan endapan lumpur yang mengakibatkan sedimentasi di sungai. “Hal inilah yang mengakibatkan beberapa Kecamatan di Demak seringkali dilanda banjir akibat air kiriman ketika musim penghujan tiba,” imbuhnya.
Dalam menghadapi siaga darurat tersebut, pihaknya menggandeng TNI dan POLRI serta jajaran Garuda/Kecamatan di wilayah untuk melakukan laporan rutin absensi setiap harinya pada pukul 09.00 wib dan pada pukul 21.00 wib serta mempersiapkan sumber daya baik manusia, alat maupun logistik. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart