Upacara HKN Ke-54 Libatkan Seluruh Organisasi Kesehatan
>
>
Upacara HKN Ke-54 Libatkan Seluruh Organisasi Kesehatan

DEMAK – Pemerintahan Kabupaten Demak bersama seluruh stakeholder bidang kesehatan menggelar upacara dalam rangka Hari Kesehatan Nasional yang ke-54 di Halaman Setda Kabupaten Demak, Senin (12/10).
Bupati Demak HM. Natsir yang membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K) menyampaikan peringatan HKN ke-54 ini sebagai momentum yang baik untuk mengingatkan kita bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotif-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif. “Mengubah pola hidup ke arah promotif-preventif dengan menekankan pada perilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat,” jelas Bupati.
Ia juga menyampaikan pemenuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan untuk memenuhi akses pelayanan kesehatan khususnya di daerah Daerah Terpencil, Perbatasan, dan Kepulauan, hingga tahun 2017 Pemerintah telah menempatkan 6.316 tenaga kesehatan melalui Nusantara Sehat, Wajib Kerja Dokter Spesialis serta penugasan khusus calon dokter spesialis. “Untuk capaian program HIV/AIDS melalui upaya terobosan Temukan, Obati, Pertahankan pengobatan ARV (TOP) sampai 2017 telah diberikan ARV sebanyak 87.031 Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA),” tuturnya.
Menurutnya, dalam upaya pengendalian TBC melalui upaya Inovasi Temukan Obati Sampai Sembuh dengan menerapkan integrasi kegiatan Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga, diperoleh success rate minimal 85% sampai 2017 di 307 Kab/Kota, proporsi status gizi sangat pendek dan pendek pada Balita mengalami penurunan dari 37,2% pada tahun 2013, menjadi 30,8% di tahun 2018 (data RISKESDAS).
Namun, lanjutnya, kita juga masih menghadapi tantangan permasalahan kesehatan yang masih terjadi di Indonesia diantaranya masih tingginya angka kematian ibu, tingginya angka kurang gizi, penyakit menular dan tidak menular. “Ini harus segera diselesaikan jika kita ingin meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang. Para kepala dinas dan kepala puskesmas agar mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki. Puskesmas dan tenaga kesehatan di dalamnya harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif dan terus menerus melakukan upaya promosi perilaku hidup bersih dan sehat,” ujarnya.
Ia mengajak seluruh insan kesehatan agar menjadikan Peringatan HKN ke-54 sebagai momentum untuk merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan. “Mari kita kobarkan semangat melayani, semangat menggerakkan. semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan yang setinggi-tingginya yang dimulai dari diri kita masing-masing,” pungkasnya.
Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang mengangkat Tema “Aku Cinta Sehat” dengan sub tema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita” tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes, Asisten Sekda, Kepala OPD se-Kabupaten Demak dan stakeholder bidang kesehatan.
Pada acara tersebut Bupati juga menyerahkan hadiah lomba dalam rangka Hari Kesehatan Nasional. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart