Pelatihan PKB Bagi Guru Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak
>
>
Pelatihan PKB Bagi Guru Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak

DEMAK – Salah satu tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru sebagai tokoh sentral memiliki peran yang sangat penting dalam upaya untuk mencapai tujuan nasional. Guru mengemban tugas sejati dalam proses pencerdasan, pembudayaan, dan pembangun karakter bangsa. Hal itu diungkapkan Staf Ahli Bupati Demak Muliana, SH dalam acara Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak di Gedung Pertemuan PGRI Demak, Selasa (13/11).
Muliana menambahkan, Guna meningkatkan mutu pendidikan, kompetensi guru harus selalu ditingkatkan. Seorang guru harus mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena selain dapat meningkatkan kompetensi guru, kegiatan kali ini diharapkan mampu memberikan motivasi kepada segenap guru untuk berinovasi serta selalu melakukan penelitian tindakan kelas.
Lebih lanjut Ia menuturkan, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) secara umum adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, secara bertahap dan berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitas guru. Jika gurunya berkompeten, akan terlahir generasi pembangunan yang berkualitas. “Saya minta agar seluruh guru SD mampu membuat inovasi pembelajaran. Sehingga anak didik dapat lebih mudah menyerap materi dan ilmu yang diberikan . Dan seluruh tenaga pendidik di Kabupaten Demak mampu menjadi sosok panutan di masyarakat” tuturnya.
Kepala Bidang Pembinaan GTK Kholidin, SH, MM menyampaikan tujuan diadakan kegiatan ini untuk memberikan motivasi kepada guru SD guna melakukan penelitian tindakan kelas atau yang dikenal dengan sebutan PTK, memberikan pemahaman kepada guru SD dalam menyusun penelitian tindakan kelas, dan melaksanakan amanah yang tercantum dalam PERMEPAN dan RB No. 16 Tahun 2009 yang salah satunya guru diwajibkan penyusun publikasi ilmiah dan karya inovasi.
“Sebanyak 60 guru Sekolah Dasar se-Kabupaten Demak yang mengikuti pelatihan tersebut akan mendapatkan sertifikat yang diterbitkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak,” katanya. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart