Bupati Demak : Keberhasilan Daerah Bergantung Pada Desa
>
>
Bupati Demak : Keberhasilan Daerah Bergantung Pada Desa

DEMAK – Keberhasilan sebuah Daerah bergantung pada Desanya. “Kalau desanya maju pasti Kabupatennya juga ikut maju,” ungkap Bupati Demak HM. Natsir saat membuka secara resmi acara Pembinaan Kewilayahan dalam rangka mewujudkan Desa yang maju, mandiri, sejahtera dan kompetitif di Gedung IPHI Kecamatan Gajah, Rabu (21/11). Dalam arahannya, Natsir mengajak peserta untuk memajukan Demak melalui kemajuan Desa.
Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. singgih Setyono, M. Kes menyampaikan bahwa kunci keberhasilan pembangunan di Desa adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa dan BPD. “ Sebuah desa dikatakan berhasil jika aparatur pemerintahannya bekerja dengan maksimal, saling mendukung dan memiliki visi yang sama yakni untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkap Singgih.
“Tentu saja ketiga unsur tersebut harus didukung oleh semua komponen yang ada,” imbuhnya.
Lebih lanjut Singgih menjelaskan bahwa visi sebuah desa harus mampu menciptakan masyarakat desa yang lebih sejahtera, aman dan bahagia. Sementara ada empat misi yang harus dikerjakan oleh Desa. Yang pertama, desa harus bisa mengembangkan SDM yang kompetitif. “Sekolahkan anak dari keluarga tidak mampu tapi cerdas, dengan harapan selesai sekolah anak tersebut kembali ke desa untuk turut mengembangkan desanya,” terang Sekda.
Yang selanjutnya adalah membangun infrastruktur yang merata dan sesuai prioritas, yang ke tiga, melayani masyarakat dengan tepat dan berkualitas. Dan yang terakhir yaitu mengembangkan kondisi aman dan menyejukkan.
Singgih menerangkan agar visi dan misi tersebut bisa terwujud ada empat indikator yang harus dipenuhi, antara lain, administrasi, keuangan, pelayanan dan leadership. “Kesemuanya itu harus dilakukan secara transparan,efektif dan efisien, akuntable, punya daya ungkit dan selalu lakukan tiga hal yaitu konsultasi, komunikasi dan koordinasi,” paparnya.
Di akhir sambutannya, Sekda berpesan jangan sampai masalah muncul di desa. “Permasalahan seperti tidak harmonisnya hubungan antar komponen masyarakat, saling curiga, saling menyalahkan, malas dan suka menunda pekerjaan merupakan hal-hal yang wajib dihindari,” pungkasnya.
Kegiatan dengan peserta dari unsur Kepala Desa, Sekretaris desa dan BPD dari wilayah Kecamatan Gajah, Karanganyar, Mijen dan Wedung tersebut dihadiri Plt. Kepala Dinpermades P2KB Ahmad Nur Wahyudi, SH, MH, Inspektur Kabupaten Demak Kurniawan Arifendi, ST. serta para Camat. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart