Upaya Pemkab Demak Meningkatkan Minat Baca Masyarakat
>
>
Upaya Pemkab Demak Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

DEMAK – Sebagai salah satu penyedia layanan baca bagi masyarakat, perpustakaan harus memiliki upaya-upaya terobosan untuk menumbuhkembangkan minat baca masyarakat. Inovasi tersebut sangat dibutuhkan untuk menyelaraskan diri dengan pesatnya perkembangan global. Hal itu diungkapkan Bupati Demak H.M Natsir saat Pelatihan Pengembangan Perpustaakan Bagi Desa di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak Rabu (21/11).
Natsir menambahkan, Keberadaan perpustakaan kini tidak bisa lagi dianggap “kuno”. Mengingat fasilitas yang diberikan lebih “kekinian”. “Saya minta agar nantinya seluruh perpustakaan, khususnya perpustakaan desa berbasis Teknologi informasi (IT)” jelasnya.
Karena pentingnya peran perpustakaan bagi kehidupan masyarakat, lanjut Natsir, diharapkan setiap desa memiliki perpustakaan desa. Sehingga secara tidak langsung dapat menggerakkan masyarakat untuk gemar membaca. “Ayo bersama kita “mengeksiskan” perpustakaan. Peran serta seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan,” ajaknya.
“Saya berharap pada musrenbangdes yang akan datang, bisa diusulkan beberapa kegiatan yang bertujuan “mengeksiskan” perpustakaan. Bisa berupa kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh perpustakaan desa, penyediaan buku bacaan, atau kegiatan lain yang bisa membudayakan literasi” tegas Natsir.
Dalam laporannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak Dra. Tatik Rumiyati menyampaikan maksud dari kegiatan tersebut untuk meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan desa, meningkatkan gemar membaca bagi masyarakat dan mencerdaskan bangsa, menjadi perpustakaan desa sebagai pusat informasi dan komunikasi, menjadi perpustakaan desa sebagai tempat rekreasi dengan menyediakan bahan bacaan yang sehat, serta mendukung percepatan pembangunan di desa dengan meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.
Tatik melanjutkan, tujuan diadakan kegiatan itu untuk mengembangkan perpustakaan bukan hanya sebagai tempat membaca, tapi juga tempat untuk belajar sepanjang masa dengan mengadakan kegiatan – kegiatan yang melibatkan masyarakat.
25 peserta yang hadir berasal dari lima Desa yang sudah berkembang perpustakaan Desanya, yaitu Desa Mutih Wetan Kecamatan Wedung, Desa Mojodemak Kecamatan Wonosalam, Desa Ketanjung Kecamatan Karanganyar, Desa Babad Kecamatan Kebonagung, dan Desa Mijen Kecamatan Mijen. Masing – masing Desa tersebut mengirim lima orang diantanya dua dari pengelola perpustakaan Desa, satu dari unsur pemerintah Desa, satu dari pengurus PKK Desa, dan satu dari unsur Karang Taruna. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart